Tuesday 24 March 2015

ENJOY SMALL THINGS


Pernah merasa bosan ? Kalau saya yang ditanya, pasti jawaban saya, bukan hanya pernah, tapi sering .... LoL. Banyak orang melalui account Facebook-nya berkali-kali mengunggah foto sedang melakukan berbagai aktivitas. Tentu, semua terlihat ceria ... narsis abis ... he he he. Dan seringkali memposting foto-fotonya yang sedang berada di tempat-tempat yang " wah ". Karena rata-rata saya tidak kenal secara mendalam dan real, saya percaya daah. Mana tahu, kenyataan yang sebenarnya, ya nggak ?

Kata-kata mengagumkan dan ribuan pujian mungkin akan terlontar terhadap para motivator ataupun trainer-trainer yang nampaknya memiliki kehidupan sempurna. Sehingga dari kesempurnaan hidup mereka, mereka akhirnya bisa memotivasi orang lain yang mempunyai hidup yang penuh keterbatasan bahkan penuh penderitaan. Tapi apakah benar seperti itu ? Benarkah mereka adalah orang-orang yang " mengagumkan " dan tanpa cacat alias sempurna dalam setiap sisi kehidupannya ? Nobodys perfect, Guys ...

Hhmm ... lalu, sebenarnya apa sih arti “ menikmati hidup ” itu ? Hidup itu memang cuma sekali, terkadang ada senang dan sedih, susah dan gembira, baik dan buruk, hingga hidup dan mati. Di media sosial, saat ada artis berpose norak, alay dalam foto dan video, ada yang berkomentar,  senorak dan se-alay apa pun dia, dia menikmati hidup. Tasnya seharga ratusan juta, belanja di mal super mewah, rumahnya kayak istana, tiap hari kesana kemari keliling dunia. Daripada ente, duit pas-pasan, rumah petak, makan mie instan, kemana-mana naik angkot mlulu ..... ( gue kesindir neh ........ LoL ) 

Really ? Benarkah " menikmati hidup " selalu terkait dengan materi ? Kalau hanya ngublek uthek di rumah dan di tempat kerja, mungkin akan merasakan benar hal itu. Apalagi saya, rumah jadi tempat kerja juga. Ngeliatnya yang itu-itu aja, emak, bapak, adik, kucing , kompor, oven .... lu lagi ... lu lagi .... he he he. 

Memang sih terkadang semua permasalahan manusia seperti tidak ada hentinya. Satu selesai, besoknya lagi timbul yang baru .... Hhhh, capek deh ... LoL. Tapi walaupun begitu, masih banyak cara untuk mengakalinya. Banyak yang berpikir kalau menikmati hidup itu identik dengan melimpahnya materi, having fun, pesta kesana-kemari, clubbing, dikerubutin orang, templok sana-sini, padahal yang seperti itu nikmatnya cuma sesaat aja. Atau mungkin malah menambah masalah baru kali, yaa ...

Sebenarnya bukan itu inti dari hidup lebih indah, hidup lebih indah itu jika bersyukur atas semua nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Nikmat itu bukan hanya materi, tapi jasmani dan rohani juga. Panas, dingin, banjir, hujan, sehat, sakit, banyak duit, duit pas-pasan .... nikmati aja. Seringkali kita lupa, sibuk membayangkan hidup orang lain seperti apa, jadinya malah tidak menikmati hidup kita sendiri. Taman tetangga memang lebih indah dari taman kita sendiri. 

Kalau menurut saya sih, menikmati hidup itu asalnya adalah keikhlasan. Mau susah, mau senang, sehat, sakit, kalau kita ikhlas menerima, hal-hal seperti itu tidak akan memberatkan kita. Semua dibikin enjoy aja. Kalau terlalu banyak mengeluh, kepala malah semakin bertambah puyeng kliyeng-kliyeng. 

Dulu, saat masih kuliah, saya sering keluyuran sama teman-teman saya. Bukan ke dugem atau ketempat yang " wah ", hanya ke pergi tempat wisata dan resto dengan cara yang sederhana ... patungan bin ngebolang gitu loh ... LoL. Hal-hal kecil yang sampai saat ini masih membekas dalam ingatan dan ternyata teman-teman saya juga merindukan saat-saat seperti di waktu lalu ...saat-saat bersamamu ... jiiaaahhh ....nostalgila.

Karena bukan tipe manusia yang punya banyak keinginan alias muluk-muluk, saat merasa bosan, biasanya saya hanya melakukan sesuatu yang sederhana, misalnya jalan-jalan ke mal walapun cuma sight seeing aja, ke toko buku atau mojok di pojok alun - alun. Tapi, jangan salah sangka yaa, di pojok alun-alun Surakarta Hadiningrat itu ada penjual buku, mulai dari buku langka, jadul sampai buku baru ada. Saya demen banget nongkrong disana, baca buku di bawah pohon sambil liat-liat orang juga ..... LoL. Sesuatu yang beberapa tahun ini jarang saya lakukan. Really miss it .... 

Ketika orang pernah merasakan sakit, mereka akan lebih mengerti makna sehat. Bagaimana rasanya saat diketawain orang, dipermainkan .... sakitnya tuh disini, di dalam hatiku .... he he he. Dari merasakan sesuatu itu, tentunya kita akan lebih menghargai hidup kita sendiri dan juga kehidupan orang lain. Bahwa dalam kehidupan ini lebih menyenangkan jika kita nrimo ing pandum, menerima kenyataan yang ada. Terkadang sesuatu yang baik tidak selalu diberikan dalam packaging yang cantik. 

Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Dan lakukan yang terbaik ....


No comments:

Post a Comment