Sunday 15 March 2015

FEVER


Tentu sudah banyak yang tahu arti kata fever alias demam ini. Satu kata, beribu makna. Dari demam beneran, demam berdarah, demam panggung, demam bola, demam artis, demam dangdut, demam telenovela, demam Korea, dan yang saat ini lagi tersebar di Indonesia, demam India …. LoL.

Nama besar dan popularitas seorang artis atau atlet tidak akan ada artinya tanpa penggemar. Atas dasar itu sejumlah orang beken menganggap fans menjadi bagian tak terpisahkan. Di antara mereka pun berusaha memanjakan penggemarnya dengan cara yang unik. Jauh-jauh datang ke negara lain untuk menyapa para penggemarnya. Indonesia adalah negara yang cukup ramah, sangat “ welcome “ terhadap orang asing, tidak ada kata-kata rasis karena sudah terbiasa dengan perbedaan suku, bahasa dan agama. Jadi, oke –oke aja gitu loh …..

Dulu saat masih kuliah, saya juga terjangkit demam telenovela, demam sinetron Korea dan yang paling lama menjangkiti adalah demam bola liga Italia. Ngefans banget ama Paolo Maldini dan si ganteng berwajah sensual, Alessandro Nesta. Lama kelamaan demam-demam itu menghilang dengan sendirinya, misalnya nggak liat tayangannya juga ora popo, karena nyadar kalau sudah semakin tua kali yaa …  He he he. Saya lebih suka melihat acara memasak dan menonton film. Atau tayangan yang bisa menambah isi otak saya. Tapi gara-gara Ibu saya nih, saya jadi ikut-ikutan terkena virus demam India juga. Kalau dulu sih cuma denger selintas aja, nggak merhatiin banget. Soalnya dimana-mana yang diceritain serial Mahabharata, nggak cuma ibu, tante dan sepupu saya, tetangga juga sering ngomongin serial itu.

Pastilah, semua orang di Indonesia juga sudah mengenal cerita Mahabharata, Ramayana, Bharatayudha dan cerita-cerita perwayangan lainnya, karena memang ada dalam pelajaran sejarah dari SD sampai SMU. Disini juga banyak candi dan situs Hindu peninggalan kerajaan jaman dulu. Saat masih SMP ( kalau tidak salah ) saya juga pernah ngikutin serialnya di TV, tapi yang versi jaman dulu, juga dengan komiknya. Jadi, saat booming lagi versi barunya, saya nggak begitu antusias, karena sudah tahu jalan ceritanya.

Saya baru ngeh saat melihat tayangan acara Eat Bulaga Indonesia, karena diantara para presenternya ada yang dari India alias para pemain serial Mahabharat. Dari situlah, saya akhirnya tahu, kenapa pagi-pagi tiap hari dari Senin sampai Sabtu, ibu-ibu pada betah nongkrong didepan TV, juga waktu tayangan Bollyvaganza. Denger-denger nih artis-artis itu bayarannya lebih tinggi disini daripada di India sana, plus dengan fasilitas dan pengawalan yang top markotop ….. wuuiihhh. Tapi emang pantes kalau dibayar mahal, cakep-cakep sih, lumayan bikin mata melek. Ganteng dan pandai bergoyang, made in India ….. he he he.

Film India sendiri sejak jaman baheula sudah ada di bioskop-bioskop Indonesia. Adik-adik nenek saya juga sering cerita tentang film India. Dulu saya tahunya cuma artis yang jadul macam Amitabh Bachan, Salman Khan, Aamir Khan, Shahrukh Khan, Kareena Kapoor, Aishwarya Rai, Juhi Cawla. Jujur, saya salut sama artis-artis Mahabharat saat ini, mereka sangat antusias datang ke Indonesia dan mempelajari budaya negara kita. Apalagi bahasa yang digunakan para presenter bukan hanya bahasa Indonesia dan Inggris saja. Ada dialek Betawi, Sunda, Jawa dan juga bahasa gaul. Lucu – lucu, juga sekaligus terlihat apa adanya, ketularan gila ama presenter Indonesia, kali yaa. Kesannya beda ama Shahrukh Khan, keliatan ekseklusif dan jaga image banget. Nggak heranlah kalau demam India kali ini mewabah dari Sabang sampai Merauke …. LoL. Fans-nya banyak banget.

Soal mas-mas ganteng nih, di Solo juga banyak, selain Arab disini juga ada keturunan India-Pakistan. Yang jaga parkir di depan Mac Mohan juga namanya Shahrukh …. He he he. Tapi beda sih, nggak kayak mas- mas ganteng berperawakan bodyguard di Eat Bulaga …. Shaheer Sheikh, Vin Rana, Rohit Bhardwaj, Lavanya Bhardwaj dan Saurav Gurjar. Ibu saya ngefans banget ama Shaheer, kalau Saurav, mengingatkan pada almarhum adik saya karena badannya yang sama-sama gede kayak giant. Almarhum adik saya juga demen banget ama film-film India. Makanya ibu saya sampai termehek-mehek melihat Saurav. Bapak saya diam-diam juga menyimak, tahu banget jalan cerita Jodha Akbar …. He he he. Kalau saya sih, lebih suka sama Lavanya dan Rohit Mulyono …. LoL. Saat saya bilang gitu, eh malah dikeroyok massa neh …... pada protes soalnya Shaheer-lah yang paling ganteng. Weeww, suka-suka gue lah yaww …. boleh dong beda pendapat, lagian kan cuma ngefans doang, kagak bakalan jatuh cinta ama mereka, gitu aja kok repot …..wkwkwkwkwk.

Untuk saya pribadi, kalau ngefans nggak bakalan tergila-gila banget, misalnya pasang foto, menjerit-jerit histeris, ngejar-ngejar biar dapet tandatangan ataupun berdesak-desakan untuk melihat. Biasa, lempeng-lempeng mawon dan ora ngloro awak alias tidak perlu menyengsarakan diri. Simpel aja sih, karena mereka nggak bakalan jadi milik saya …. He he he. Ngefans tapi masih menggunakan akal sehat, gitu loh.

Sekian dulu ya, soalnya saya lagi terkena demam, bukan demam Lavanya tapi emang demam beneran alias flu. Nulisnya juga pake semendhe alias nahan kepala …. greges-greges, cenat-cenut, mampet sana-sini …. Hhhh, payah dah. Ngomong-ngomong, satu hal lagi yang saya salut tentang film India, mau sedih, mau seneng, mau jatuh cinta, jatuh bangun, mau sakit, semuanya diiringi dengan nyanyian dan tarian. Kayaknya perlu di contoh tuh …  aseek … aseek …. LoL.


No comments:

Post a Comment