Sunday 6 October 2013

Hyperthyroidism

THYROID

Sistem dalam tubuh manusia sangat kompleks dan melibatkan banyak hal yang menjadi bagian dari proses serta mekanisme kerja tubuh. Salah satunya adalah tiroid. 

Kelenjar tiroid terletak di leher dan bentuknya seperti kupu-kupu. Ia menghasilkan hormon yang dilepaskan kedalam aliran darah untuk mengontrol pertumbuhan tubuh dan metabolisme, T4 ( Tiroksin ) dan T3 ( Triidiotironin ). Hipertiroid atau overactive thyroid ( tiroid yang terlalu aktif ) artinya tiroid yang terlalu banyak menghasilkan hormon.

Beberapa hari yang lalu saya mengantar Ibu saya berkunjung ke rumah Profesor, dokter keluarga saya, untuk check up bulanan. Saat mau berpamitan, Profesor mengatakan sesuatu pada saya , "  Ayo, tunjukkan karya terbaikmu ! ". Itulah sebabnya, mengapa kali ini saya share sekaligus curhat tentang hipertiroid. Karena saya bukan ahli medis, saya akan share sesuai dengan kapasitas dan pengalaman saya sebagai seorang pasien. Kata beliau, tidak ada tulisan yang lebih baik selain dari si penderita sendiri. Dan ini sekaligus menjadi pembuktian buat saya, karena bisa menceritakan sendiri penyakit saya, itu artinya saya sudah benar-benar sembuh.

Delapan tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2005, saya didiagnosa menderita Hipertiroid. Agak mengherankan karena saya dan keluarga saya adalah penganut pola hidup sehat. Penyakit yang satu itu juga terdengar asing di telinga dan sekaligus tidak diketahui penyebabnya. Bahkan pada saat saya bilang pada teman-teman saya, mereka malah meledek, hiperseks kali ..... Hadeehh !! Tapi setelah mereka melihat saya tidak berdaya saat masuk rumah sakit, mereka semua bungkam dan mungkin juga menyesal karena sudah mengolok-olok.  

Sebelumnya saya tidak pernah menderita sakit. Hanya sakit flu ringan dan itupun juga jarang sekali. Bahkan Dokter saya pun selalu bilang kalau saya nggak boleh sakit. Tapi seperti yang dikatakan oleh beliau juga, hipertiroid adalah penyakit yang tidak bisa dihindari. Tidak seperti kolesterol, asam urat, hipertensi, ataupun jantung. Penyakit tersebut bisa timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat. Ada beberapa faktor yang bisa memicu hipertiroid. 

1. GRAVE DISEASE. 

Kondisi yang disebabkan oleh adanya gangguan sistem kekebalan tubuh dimana zat antibodi menyerang kelenjar tiroid sehingga menstimulasi tiroid untuk memproduksi hormon tiroid terus menerus. Grave's Disease lebih banyak ditemukan pada wanita daripada pria, terutama pada usia 20-40 tahun. Tapi dalam kasus tertentu ada juga yang terkena pada usia diatas 50 tahun. 
Secara estetika, orang yang terkena Grave's Disease, kegantengan dan kecantikannya tidak terpengaruh .... Lucky me ! Tapi beberapa orang ditemukan gangguan dimata , mata jadi melotot ..... naudzubillah min dzalik .... Sekali lagi saya beruntung karena mata saya sipit.

2. NODULAR THYROID DISEAS
Pada kondisi ini biasanya ditandai dengan membesarnya kelenjar tiroid. Seperti yang saya lihat dari sesama penderita, leher ada benjolan yang terus membesar. Penyebabnya karena adanya mutasi genetik.

3. KETIDAK SEIMBANGAN HORMON
4. PEMASUKAN YODIUM YANG BERLEBIHAN

Dan gejala-gejala yang saya rasakan pada waktu itu :
1. Intoleransi panas.
Tidak pernah kedinginan. Karena basal metabolic rate meningkat, otomatis panas tubuh juga meningkat. Kalau di negara tropis seperti Indonesia, tidak bakal terlihat, karena disini memang panas. Tapi kalau di negara empat musim, penderita Hipertiroid nggak bakal kedinginan di tengah musim dingin, sementara yang lainnya memakai pakaian yang berlapis-lapis.
2. Keringat yang berlebihan.
Biar di dalam ruangan ber-AC dengan suhu terendah pun, tetap saja merasa gerah, kepanasan melulu. Apalagi pekerjaan saya selalu melibatkan panas dan api, mandi keringat tiap hari.
3. Napas tersengal sengal atau ngos-ngosan. 
Untuk berjalan lambat saja napas rasanya mau putus, apalagi untuk beraktifitas berat.
4. Denyut jantung meningkat. 
Karena napas sering tersengal-sengal dan denyut jantung meningkat, saya juga sempat periksa ke Kardiologis dan mengira terkena penyakit jantung. Tapi dokternya malah bilang kalau deg-degan itu perasaan saya sendiri ( diliatin cowok cakep jadi deg-degan .... LOL ) dan mungkin juga akibat over training, berolahraga dengan menggunakan beban. Diagnosa yang kurang memuaskan karena beban yang saya pakai cuma dumble dengan berat 1 kilo, keponakan saya yang berumur dua tahun juga bisa ngangkat beban segitu. Dan saya ikutin juga anjurannya, berolahraga ringan, seperti jalan kaki selama 15 menit, seminggu maksimal 5 kali ( Meskipun sama saja, masih tetap ngos-ngosan ). Obat dan vitamin yang diberikan lumayan juga, seperti mendapat tambahan amunisi. 
5. Temperamental.
Gejala spesifik yang mungkin membingungkan lingkungan di sekitar saya karena sebelumnya saya terkenal dengan sebutan Miss Cucumber. Apapun situasinya, saya tidak pernah terusik sedkitpun. Saya berubah menjadi manusia yang moody, sering gugup, nggak nyantai, gampang tersinggung dan paranoid.
6. Insomnia alias susah tidur
7. Frekuensi buang air besar meningkat.
8. Susah konsentrasi.
Makanya saya jadi malas menulis dan berkreasi dengan menu makanan ( karena usaha saya bergerak di bidang kuliner ). Otak rasanya seperti jalan ditempat, stagnant. Hidup segan mati tak hendak.
9. Sering flu
10. Siklus menstruasi tidak tetap atau haid terganggu.
11. Tangan sering gemetar atau Tremor
12. Kulit semakin hitam, padahal tidak pernah berjemur.
13. Rambut rontok
14. Ada perubahan intonasi suara
Dulu saya saat masih sekolah, saya penyanyi folk song bersuara Messo Sopran. Setelah itu, suara apa juga nggak jelas. Perasaan sih, jadi kayak kaleng rombeng .... lol 
15. Tekanan darah tiba-tiba tinggi
Bayangkan saja, tekanan darah saya yang biasanya cuma 100/60 menjadi 190/90, gimana nggak temperamental ....
16. Berat badan turun drastis.
Bagi orang yang over weight, mungkin ini yang paling ditunggu, berat badan turun tanpa usaha keras. Dalam waktu 3 minggu saya kehilangan berat badan sampai 15 kg dan seminggu kemudian, turun lagi sebanyak 7 kg. Sebelumnya, pola makan saya normal, tapi pada saat itu saya jadi sering makan, mungkin lebih dari 10.000 kalori per hari dan juga ngemil tiap menit. Sampai Tante saya bilang, mata melek, mulutnya juga melek . Tapi tetap saja berat badan turun tanpa dikomando.
17. Pandangan mata tidak nyaman.

Bisa dibayangkan, bagaimana rasanya, dari sehat terus mendapatkan rasa sakit yang datang bertubi-tubi. Setelah kesana kemari seperti ninja, karena bingung juga dengan apa yang saya rasakan, dan Dokter juga sudah mulai curiga, pada akhirnya saya menjalani test Hematologi rutin dan pemeriksaan tiroid ( T3 dan T4 ). Hasilnya sungguh fantastis sekali. Untuk hasil test hematologi rutin semuanya error, diatas batas normal dan hasil test T3 dan T4, saya dinyatakan positif Hipertiroid.

Meskipun bukan tipe gadis manja perasaan bingung dan sedih itu sudah pasti ada. Apalagi saat Profesor menjelaskan berbagai kemungkinan, termasuk yang terburuk. Tapi saya tetap berusaha ceria, meskipun dalam hati remuk redam. Nyali sempat menciut juga saat melihat wajah Dokter yang terlihat sangat serius karena saya kenal betul dengan beliau. Saya hanya menjaga perasaan Bapak dan Ibu saya, pada tahun 2002 kami kehilangan salah satu keluarga, yaitu adik saya. Dan dari ke empat anak mereka, tinggal saya dan adik bungsu saya yang mereka miliki. Saya tidak mau menambah beban pikiran mereka. Apapun yang terjadi, saya harus tetap kuat dan tegar ....Fight !

Saya mendapatkan terapi obat antitiroid PTU ( Propylthiouracil ) yang dapat menghambat laju hormon tiroid dan Propanolol ( beta blocker ). Dokter tidak memakai metode RAI ( Radio Active Iodine )  karena ada dampaknya ( kayaknya sih agak fatal , saya lupa kelanjutannya .... lol ) dan beliau juga tidak menganjurkan Thyroidectomi atau pembedahan karena sangat beresiko ( banyak Dokter yang mencari jalan pintas dalam hal ini ), komplikasi tindakan ini bisa mengganggu jaringan di sekitarnya termasuk saraf-saraf pita suara, dan empat kelenjar kecil yang mengatur jumlah kalsium dalam tubuh. Jadi bila dilakukan, seumur hidup saya akan tergantung obat pengganti kalsium ( nggak banget deh ). Otomatis, resiko kehilangan suara dan terkena Osteophorosis sangat tinggi. Pembedahan juga mengakibatkan Hipotiroid. Dan menjadi hipotiroid juga bukan pilihan yang menyenangkan karena berat badan akan terus bertambah, mengalami kemunduran dalam berpikir alias telat mikir dan mudah terkena penyakit kronis lainnya seperti jantung koroner. Mungkin, Dokter juga nggak tega melihat saya menjadi lamban karena hipotiroid, karena beliau tahu , saya orang yang sangat aktif dan tidak bisa diam. Thyroidectomi hanya cocok untuk penderita dengan benjolan yang besar di leher dan penderita yang alergi obat.

Menjalani treatment bukan hal yang mudah bagi saya karena semua pihak harus ikut berperan untuk proses healing tersebut. Mungkin orang-orang terdekat paham, tapi tidak untuk orang yang tidak tahu kondisi saya. Dan saya juga tidak mungkin berteriak - teriak memberi penjelasan pada mereka. Dokter menyarankan agar saya meminimalisi gerak. Menghindari berinteraksi dengan orang-orang yang memicu pikiran dan emosi saya. Saya sempat tidak menuruti anjuran itu, karena juga manusia normal yang perlu berinteraksi dengan orang-orang disekitar saya.

Dan pada saat treatment itu, saya bukannya baik-baik saja. Sepuluh hari sejak minum obat, berat badan saya tidak mau naik. Itu berarti obat tidak mempan. Saya diomeli oleh Dokter saya, beliau mengira kalau saya tidak disiplin minum obat. Dosis obat akhirnya ditingkatkan dari 3 X 1 sehari menjadi 3 X 2 sehari, dan dua minggu kemudian, berat badan saya naik 0,5 kg .... lumayan. Setahun setelah minum obat yang super duper pahit itu, saya masuk ICU. Sebenarnya itu bukan kali pertama saya terkena krisis tiroid ( Thyroid Storm ). Pernah, pada saat sedang berada di Mall tiba-tiba saya merasa sesak napas, kepanasan, keringat mengucur dengan deras, kebingungan, pandangan mata kabur dan ada cahaya putih. Setelah itu saya pingsan. 

Beruntung saya ditolong oleh ibu-ibu yang berdiri di dekat saya.  Setelah sadar, saya terlihat baik-baik saja dan pulang. Yang menolong saya malah heran. Karena pergi sendirian, orang rumah tidak ada yang tahu. Mereka tahu pada saat saya check up, karena saya harus menceritakan kegiatan saya pada Dokter. Hasilnya bisa ditebak, diomeli habis-habisan .... LoL . Dan yang kedua kalinya, saya terkena krisis itu pada saat dirumah, tentu saja membuat seisi rumah panik. Apalagi saat saya dimasukkan ICU. Dan yang ketiga dan keempat, saya bisa mengatasinya sendiri karena sudah mulai berkawan dengan penyakit yang  meracuni tubuh saya.  

Setelah itu Dokter menganalisa treatment yang saya jalani. Setiap 6 jam saya harus minum Propanolol dan PTU. Diet tinggi kalori dan protein , ditambah dengan minum susu dan sudah pasti sulit dilakukan karena lidah saya hanya terasa super pahit. Beliau sempat marah karena saya begitu bandel, meskipun tetap patuh minum obat tapi masih sering berinteraksi dengan manusia- manusia yang menyebalkan. Tapi saya berjanji kalau itu yang pertama dan yang terakhir kali saya berada di ICU. Lain kali kalau dirawat di rumah sakit di ruang Perinatal aja , alias melahirkan ..... he he he. 

Dari situ akhirnya saya sadar kalau selain obat, kondisi psikis juga ikut berpengaruh dalam proses penyembuhan. Yang paling penting adalah semangat untuk sembuh. Saya kenali penyakit yang derita dan sekaligus juga saya lawan. Dokter hanya perantara, mereka juga manusia biasa seperti kita. Tapi karena mereka ahli medis, mereka lebih ahli di bidangnya. Harus ada relasi yang baik antara Dokter dan pasien. Saya mendapatkan terapi selama kurang lebih 5 tahun. Minum obat selama 4 tahun dengan dosis yang semakin berkurang dan pada tahun berikutnya, saya sudah bebas obat. Dan tiga tahun yang lalu, tiroid saya sudah normal , sampai sekarang. 

Everything's okay ! Saya sudah kembali seperti yang dulu. Meskipun berat badan saya melambung dari berat semula 58 kg,  tapi kalau untuk ukuran Biggest Loser Asia sih ( untuk lolos ke sana minimal berat badan 85 kg ) saya tidak bakal lolos seleksi karena masih jauh dibawah itu ........ LOL . The most important, I'm health, mind, body and soul. Dan saat ini saya masih berusaha untuk mengembalikan tubuh saya ke ukuran M lagi. Kalau Dokter saya tahu, pasti tidak diperbolehkan untuk menurunkan berat badan. Jadi saya mencari akal, menurunkannya tidak dengan diet, tapi dengan olahraga. 

Kalau ada saudara, suami, istri, anak, kekasih atau pun keluarga dekat Anda yang menderita hipertiroid, support mereka agar bisa cepat menyembuhkan diri. Bukan penyakit yang berbahaya, tapi juga bukan penyakit yang bisa diabaikan begitu saja. Asalkan ditangani dengan cepat dan tepat. Kalau soal ancaman bagi jiwa , bukan cuma penyakit saja yang menjadi ancaman. Semua yang ada di dunia ini adalah ancaman. Tergantung dari cara kita memahaminya. Semua dzat yang hidup pasti akan mati, itu sudah ada ketentuannya.  Jangan pernah menyerah. Kalau ada yang mengalami kejadian seperti yang saya alami, segeralah pergi ke Dokter.  Jagalah kesehatan karena sehat adalah gaya hidup. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Narasumber : 
* PROF. DR. dr. ZAINAL ARIFIN ADNAN, SpPD-KR.
* PROF. DR. dr. OS. HARTANTO, Sp.S ( K ).


155 comments:

  1. perkenalkan saya nisa, kebetulan mampir kesini mencari referensi tentang penyakit hipertiriod. sejujurnya saya sangat putus asa dan berpikir ya sudahlah bagaimana ntar saja. setelah membaca postingan ini, saya merasa penyakit hipertiriod saya tidak separah mba. mungkin karena kebetulan saya sekolah diluar negeri dengan 4 musim, saya sangat tertolong karena saya bener2 ga bisa lama2 tinggal di indo. saat summer disinipun saya kabur pulang ke indo, kebetulan di indo pas lagi musim hujan hehehe. walaupun setiap pulang pasti masuk ICU juga hahahaha

    terima kasih ya mba, saya jadi semangat lagi untuk :D melanjutkan pengobatan. saya sudah 2 tahun bertempur dengan penyakit ini tapi belum ada progres menuju sembuh total. saya setuju kalau bertemu dengan orang yang menyebalkan bisa memperburuk yaah sekitar 30% kali ya. kebetulan pengalaman mba dengan saya sangat mirip. saya orang yang cukup super aktif tiba-tiba ga bsa ngapain2 dan seolah dunia berjalan cepat tapi diri ini berjalan seperti keong, rasanyaa yaaah lumayan ingin mati :9
    sedikit ingin curhat(lol) selama tinggal diluar negeri dan pada bersamaa saya sedang pengobatan tidak mungkin untuk tidak berinteraksi sosial. tapi justru semakin saya berusaha mencoba masuk kesana semakin saya depresi. banyak orang yang tidak tahu penyakit ini , banyak orang pula berpikir hal negatif tentang saya.. hehehe selama 2 tahun belakangan ini saya selalu berpikir untuk bunuh diri karena jauh dari orang tua, orang disekitar pun tidak ada paham meski saya beritahu tentang penyakit ini, terlebih tekanan sosial. tapi alhamdulillah sedikit demi sedikit saya mulai berpikir bahwa saya pasti bisa menang entah kapan dengan penyakit ini.

    terima kasih sekali lagi ya mba, saya semakin ingin sembuh dan mencetak prestasi yang sudah lama hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali juga buat Dek Nisa yang sudah mengunjungi blog saya. Sekedar ingin berbagi aja karena selain saya, ada family yang menderita hipertiroid juga. Sebenarnya masih banyak yang saya alami ( tapi tidak saya publish ) karena menurut sepupu saya, nakut-nakutin aja .... he he he. Kalau untuk ukuran manusia bandel seperti saya, mungkin biasa2 aja, tapi kalau untuk orang lain, mungkin bisa bikin " down ". Rasanya kok tidak etis gitu loh.... LoL.

      Memang sih, gampang-gampang susah ngadepin penyakit yang satu ini, soalnya berhubungan dengan psikis istilahnya, senggol bacok ... HE HE HE. Kalau pasien sering bingung dengan apa yang dialaminya, Dokter yang merawat pun juga lebih bingung lagi, karena itu penanganan pada setiap pasien berbeda-beda. Dan pengobatan dalam jangka waktu yang panjang itu juga amat sangaaaat membosankan. Yang penting tetap berpikir positif aja dek, setiap penyakit kan pasti ada obatnya, apalagi kalau belum parah. Diambil hikmahnya aja, keluar masuk RS kan nambah pengalaman juga. Lebih familiar dengan para dokter dan paramedis, mencuri ilmu dari mereka ....LoL. Jangan sampai deh ada keinginan untuk mengakhiri hidup .... Na'udzubillahi min dzalik. Mesti sabar, tawakal dan banyak2 istighfar. Kalau lingkungan disekitar tidak peduli, cuek ajaahh beibeh ..... kata Dokter yang merawat saya lho .... he he he. Asal adek mengikuti pengobatan sesuai dengan anjuran dokter, Inshaallah, pasti sembuh. Untuk totalnya memang tidak bisa soalnya kan hipertiroid bukan berasal dari virus. Bakalan rentan terkena flu, batuk ataupun pusing ( tapi nggak pusing beneran ).

      Yang penting dibawa enjoy aja dan semangat untuk hidup sampai 100 tahun lagi .... LoL. Keep spirit n fighting ..... selamat mencetak prestasi ...

      Delete
  2. Terima kasih ibu meila atas artikelx setelah membacax sy sbg penderita hipertiroid jadi semangat lagi untuk lebih telaten melayani raja tiroid ini....sebelumx sempat kecil hati coz palpitasi jantung ga pernah mereda selama 2 bulan ini .... apakah bisa sharing untuk mengurangi palpitasi hipertiroid.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Arie, makasih banyak sudah membaca artikel saya .... sekedar berbagi aja, Bu .... memang penyakit yang satu ini gampang-gampang susah ... perlu extra-extra kesabaran dan hanya kita sendiri yang bisa melawan .... kalau soal palpitasi jantung, lebih baik Ibu konsultasi ke Dokter yang merawat .... mereka yang lebih ahli mengobati, soalnya penanganan setiap pasien itu berbeda-beda. Dulu saya mengalami palpitasi jantung lebih dari 7 bulan ... gelisah, keringat dingin, nggak bisa tidur ... tapi setelah teratur minum obat semua kembali normal ( PTU & Propanolol ) ... meskipun ada kumat-kumatnya juga .... he he he. Yang penting menghindari stress aja Bu, itu saran dari Dokter yang menangani saya ....

      Delete
  3. Halo mba melia. Saya juga penderita hipertiroid dari tahun 2006 dan belum sembuh masih deg2an. Akibat saya jarang minum obat (kalau ingat aja) dan udh lama gak cek lab mbak mel.

    rasanya bosan ya minum obat terus menerus. Baru akhir2 ini saya concern lagi karena saya sudah menikah dan ingin punya baby. Dulu waktu msh kuliah dokter mengingatkan untuk sembuh sebelum menikah agar bisa hamil. Karena mengganggu hormon reproduksi begitu.

    Dokter mba mel perhatian sekali ya. Saya jarang ketemu dokter yang mau ngomel. Kebanyakan pada cuek gitu mbak. Syedih deh. (Lho maunya malah diomelin haha)

    Saya mengalamj pigmentasi di wajah. Bagian muka saya hitam dan leher saya putih Seperti bagian kulit badan yg lain. Sampai saat saya sering curhat sama temen ttg wajah saya yg gosong dia nyeletuk 'kenapa wajah ya?' mungkin seandainya di pantat yg hitam, saya gak akan segalau ini mbak.

    Mata saya juga menonjol besar sebelah bagian kiri mbak. Berbeda seperti saat sebelum divonis hipertiroid.

    Untuk menghindari org yg menyebalkan gimana ya dirumah pada begitu semua orangnya termasuk suami saya (lho malah curhat). Ya mungkin kita harus mengendalikan diri utk gak mudab stress atau marah ya. Jd melawan penyakit itu sndiri. Bisa gak sih mba sprti itu?

    yg mau saya tanyakan (buset mukadimah panjang bener yaa) hehehe:

    Apakah kulit yg mengalami pigmentasi bs kembali sprti sebelum menderita hipertiroid? Apakah mata juga kembali normal?

    Terimakasih sekali mbak mel menulis ini. Saya merasa tidak sendiri dan bahwa ada survivor hipertiroid seperti mbak mel.

    Maaf kalo boleh tau dokternya dimana mbak mel?

    Semoga dijawab sprti yg lain hihihi. Makasih mbak mel :)

    ReplyDelete
  4. Mbak belakangsepiring ... makasih sudah membaca artikel saya. Saya sering update tentang hipertiroid, beberapa bulan yang lalu saya publish juga, sekedar sharing aja kok, buat meringankan penderitaan ... he he he.

    Kayaknya bude dan sepupu saya ada temennya nih, penderita Hipertiroid yang nggak telaten minum obat. Makanya rasa sakitnya masih berkelanjutan. Check lab seharusnya memang setiap 6 bulan sekali, T3, T4, FT4 & TSHS, yang ini saya sering mangkir soalnya mahal ... LoL.

    Pertanyaannya saya jawab sesuai kapasitas aja yaa, hal-hal yang pernah saya lalui dan saya konsultasikan. Menurut dokter saya nih, ada kok penderita Hipertiroid yang subur, cepat hamil dan bayinya sehat2 aja. Jadi nggak usah khawatir deh, dokter-dokter dan pengobatan di Indonesia sudah canggih. Kalau sembuh sih, kayaknya jarang ya, soalnya penyakit ini autoimun. Pengobatan itu tujuannya untuk menormalkan hormon. Asal daya tahan tubuh kita bagus, rajin minum obat, banyak istirahat, cepat pulih kok. Dan penyakit2 lain yang menyertai biasanya juga sembuh dengan sendirinya. Meskipun, ada kumat-kumatnya juga ... he he he. Bulan Oktober tahun kemarin, saya juga kumat lagi setelah sekian lama dan nggak tanggung2, harus mengurangi aktifitas selama 6 - 7 bulan setelah itu mesti check ke dokter lagi. Karena tidak sepenuhnya nurut, sekarang rasanya tulang2 masih sering ngilu ( efek lain Hipertiroid ). Tapi karena pernah menjalani pengobatan masih agak mendingan sekarang sih, daripada dulu keluar masuk RS. Dulu saya bandel banget, tapi bukan bandel yang nggak minum obat gitu. Kalau dokter nyuruh istirahat, saya malah kesana kemari, olahraga juga nggak kira2, makan semaunya aja dan hasilnya, selama tahun 2005-2007 badan kurus kering dan sering keluar masuk alias dirawat di RS. Kalau soal muka hitam, mata juga bendol-bendol, suka marah-marah dan sensi banget ( ciri khas Hipertiroid secara umum ) dulu saya juga begitu tapi semuanya bisa kembali normal seperti semula setelah pengobatan rutin.

    Mungkin, saya termasuk manusia yang beruntung ya, ditangani oleh Dokter ahli yang baik dan care banget, semuanya di kota saya, Solo. Yang penting dibawa happy aja, sakit, sehat, susah dan senang, disyukuri gitu loh. Keep spirit ... he he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba lucky you dapat dokter yg care,hehee. Boleh di share ke saya kah mba alamatnya? Saya posisi di Madiun mba. Oiya mba,semalam saya sudah ambil hasil lab yg muaha. itu,hihi. Range sudah normal, tetapi kok saya masih berdebar dan tremor dan beberapa ciri hipertiroid yg lain ya mba?

      Ami.

      Delete
    2. Soalnya beliau dokter keluarga saya mbak, jadi sudah terbiasa gitu ... he he he. Kalau cuma tes T3, T4 & EKG nggak begitu mahal mbak, yang bikin mahal tuh kalau tesnya beruntun T3, T4, FT4 & TsHs ... dua yang terakhir ini nih, yang bikin mahal ... LoL.

      Mbak Ami posisinya di Madiun yaa ... Nggak perlu jauh2 ke Solo atau ke luar negeri, mbak ... semua Dokter apalagi Dokter spesialis penyakit dalam paham betul dalam menangani Hipertiroid ... termasuk Dokter kandungan juga. Kalau belum puas periksa aja ke sub bagian Endokrinologi ... semua RSU atau RSUD pasti ada. Soalnya setiap pasien tuh beda2 cara penangannya. Meskipun secara umum obatnya sama. Belum tentu lho, cocok di saya, cocok juga di mbak Ami.

      Sampai sekarang saya juga kadang2 ngerasain deg2an, biasanya kalau lagi capek berat atau olahraga berlebihan. Kalau tremornya masih, cuma getarannya tidak seperti dulu. Rambut juga masih rontok, tapi cepat tumbuh. Kuku tangan dan kaki juga cepet panjang. Ciri khas Hipertiroid memang seperti itu, meskipun tidak semua mengalaminya. Yang penting sabar aja deh Mbak ... masih banyak penderita Hipertiroid yang lebih tersiksa lagi, ntar kalau saya ceritain malah pada takut ... he he he. Keep fighting aja ...

      Delete
  5. Oh iya ya mba, saya kira gejala juga langsung hilang. Untuk mata yg menonjol gmn ya mba? Kulit wajah juga masih kusamm dan gosong hehehe. Makasih mba mei semangatnya.

    Bukannya gak bersyukur ya udh range normal,tp ada sedikit was2 bener gak ya ini sampel darah saya. Hehehehe. Pas cerita ke temen malah dibilang 'wess,sinetrone metu' hahahahahaha

    Makasih banyak ya mbak mei,semoga diberi kesehatan selalu,aminn..

    ReplyDelete
  6. Halo mbak..sulit sekali untuk mendisiplinkan diri minum PTU itu.. Pahit banget. Tapi kalau ga mau kena krisis tiroid ya mesti di minum.. Btw selamat ya mbak skrg udh sembuh :) moga sehat selalu ya. Moga saya bisa sehat juga.. Semangat '

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya Mbak Sarah Sitaanjani ... Namanya juga manusia, pasti ada perasaan bosan kalau berobat secara kontinyu. Satu hal yang membuat saya disiplin minum obat karena saya tidak suka dan tidak mau sakit ... LoL. Nggak sembuh total kok, kadang sering kumat juga, tapi yang penting kadar hormon thyroidnya sudah normal, badan nggak kurus kering dan tidak keluar masuk RS lagi ... he he he. Semoga mbak juga cepat sehat ...

      Delete
  7. Halo mba meila...sy baru seminggu yll d'diagnosa hipertiroid,,seperti sedang bermimpi dan ingin segera bangun,aplgi org2 d'sekeliling sy kebanyakan kurang menyenangkan dan tidak mengerti ttg penyakit ini...motivasi'y mba meila agar sy jg bisa sehat,aktif dan ceria lg sprti dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Wiwi. Memang tidak semua orang paham akan penyakit ini mbak. Awalnya memang agak susah mengatasi karena penderita Hipertiroid umumnya sangat sensitif kondisi psikisnya. Jalan satu2nya ya lebih baik menghindari semua hal yang tidak menyenangkan batin ... he he he. Tapi biasanya kalau sudah rutin minum obat dan kadar tiroidnya normal, Inshaallah semua akan kembali seperti semula, meskipun ada kumat2nya juga sih. Semoga mbak Wiwi cepat pulih ...

      Delete
    2. Aamiin ya Alloh...doanya mba,sy smpet down jg baca crita kanan kiri ttg hipertiroid yang tdk bisa smbuh...inget anak2 yang msh balita, nangis uda ky makanan sehari2 tiap sholat nangis,,smpe skrg saat sy lagi nulis ini pun msh meneteskan air mata...

      Delete
  8. Mba meila saya juga ingin sharing, sudah hampir 6 bulan pengobatan hipertiroid ini.. saya berumur 21 tahun, awalnya down banget ketika divonis penyakit ini apalagi dengan keadaan mata saya menonjol sebelah, berat badan turun sampai 15 kg. Alhamdulillah dengan ikhtiar maya saya sudah kembali normal, dan berat badan mulai naik, detak jantung mulai normal, walaupun masih gampang merasa lelah, tapi kondisi mulai membaik.. untuk penderita hipertiroid jangan menyerah dan jangan larut dalam kesedihan karena justru itu malah nambah2 penyakit, lebih baik kita terus berusaha untuk sembuh diiringi dengan doa dan tentunya harus dibawa happy.. terimakasih :) mari berjuang melawan penyakit ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak ulfa, ngmong2 ikhtiarnya apa aja ya, soalnya mataku menonjol sebelah jg. N jntung berdebar.. bagi2 tipsnya donk

      Delete
  9. Sharing dong sesama penderita,sy sudah menjalani pengobatan 2bln-an dan cek lab terakhir alhmdllh hasil'y uda normal, obat pun sudah d'turunkan dosisY jadi 1x1 swhari,tapi aneh'y gejala msh suka timbul terutama berdebar,,kadang terasa d'leher ada rasa deg trs lanjut jantung ikut berdebar2 dan itu suka tiba2..apa itu jg yang d'rasakan tmn2, apa hnya sy..apa perlu USG tiroid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Wiwi, sampai sekarang saya juga masih tremor, sering flu, jantung & leher kadang dag dig dug kenceng banget,apalagi disaat tubuh mengalami kelelahan yg luar biasa, memang seperti itulah Hipertiroid. Apalagi thyroid beracun seperti yg saya derita, perlu pengamatan extra dari diri sendiri. Dokter pun kadang tertipu, hasil cek normal tapi gejala fisik berkata lain. Kata dokter yg merawat saya, yg sering berbalik dengan cepat itu T4, sewaktu-waktu bisa melambung dengan cepat dan turun dengan cepat pula. Jadi si pasien juga harus bisa " mengerti & mengenali " kondisi tubuhnya sendiri karena gejala kambuhnya itu samar, mana yang flu beneran dan mana yang bukan. Yang penting asal tidak terjadi penurunan berat badan secara drastis aja, sebab kalau itu terjadi, terapi obat harus dimulai dari awal lagi. Kalau mbak Wiwi ingin melakukan USG thyroid bisa aja sih, lebih bagus malah. Yg penting dijaga aja agar kadar thyroid-nya normal, everything's gonna be okay, Inshaallah.

      Delete
  10. Iya yang sy rasakan jg sprti itu mba mei, tubuh gk bisa d'ajak krja byk pdhl sy ibu rmh tangga+ibu pekerja..kelelahan sdkit lgsg berdebar,,sy terlalu porno mba,,krna sy jg kebetulan org kesehatan jd takut ini itu. Sy blm paham dg tiroid beracun yang mb mei bilang soaly dr,dalem sy blg hipertiroid sy subklinis dan sering blg tidak apa2 trs,,y Alloh semoga kita semua cpt d'berikan kesembuhan,aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hipertiroid itu bermacam-macam mbak Wiwi, ada terjadi pembengkakan dan ada yang tidak, penyebabnya juga macam-macam. Hipertiroid yg saya derita sifatnya meracuni tubuh, bukannya keluar tapi masuk ke dalam. Asal teratur minum obat semuanya baik-baik aja kok, jadi nggak perlu parno mbak Wiwi, dibawa enjoy aja. Sehat, sakit, susah dan senang adalah bagian dari kehidupan. Semoga diberi kemudahan dalam segala hal oleh ALLAH,SWT ... Aamiin.

      Delete
  11. Mba mei...sy jg sering mengalami gangguan psikis, kecemasan yang berlebihan...inget hal2 yang menakutkan trs badan lemes, keluar keringet dingin,apa begitu jg kah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Wiwi .... kebanyakan penderita hipertiroid memang begitu, paranoid, anxiety, sensitif & agak temperamental . Kadang si penderitanya sendiri juga heran, kenapa bisa seperti itu ? Tapi kalau terapi sudah berjalan sekitar 6 bulan - 1 tahun, gangguan psikis seperti itu akan hilang dengan sendirinya. Cuma kadang-kadang aja datangnya.

      Delete
  12. Iya mba,sy sering kluar masuk UGD mnta d'rawat tp stlh d'priksa dokter jaga katanya sy baik2 aja trs d'suruh plg,,akhirY d'jalan memang tdk apa2 mba tp kumat'y itu loh serasa tdk ada 'waktu' lg amit2 naudzubillah...memang iya y mb kadang malu2in gt kumat seiya-iya tp nympe UGD gk knp2 trs suruh plg...Sharing c mba makanan yang gk boleh&yg boleh utk penyakit ini? Soaly lagi2 dokter ku blg gk ada mknan yang hrs d'pantang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ma'af kalau jawabnya sering telat, 2 minggu ini kondisi badan sedang ups & down ... he he he. Kalau soal makanan tergantung sama kitanya juga sih, seberapa besar daya tahan tubuh kita, kalau Dokter bilang tidak ada pantangan. Malah disuruh sering makan ... LoL. Ada penderita hipertiroid yang menolak makanan, minuman dan sayuran tertentu. Mungkin tiroid jenis yang lain ada pantangannya juga, seperti brokoli, bunga kol, kol, semua jenis kacang-kacangan, bayam. Kalau saya sih, pantangannya nggak boleh makan buah kalau malam, tapi sering saya langgar ... LoL.

      Delete
  13. Assalamu 'alaikum
    Mbak meila n tmn2 senasib seperjuangan.
    Artikelnya sangat bemanfaat sekali, sngat memotivasi pada diri saya yg jg pnya pnyakit gondok beracun.
    Salam kenal buat mb meila n tmn2 dsni.
    Awalnya sy down,pas di vonis dktr gondok beracun, denger kata2 beracun kliatannya serem gtu, trs dnger crta knan kiri,tmbh smkin down,khawatir,was was,anxie,skit sdkit mkirnya kmna2.
    sy salut dgn mb meila yg bgtu tegar mnghdapi pnykit ini,sy udh 3 blanan mnum ptu n propranolol mb mel,emg sih gejala sprti palpitasi,bdn gmtar,psing udh brkrang,brt bdan jg udh mlai naik,suhu bdan stabil,ga kpanasan trs,wlpn smpk skrg palpitasi n tremor ny msh ada. tp benjolan di leher kok sulit bgt ya kempesnya ?
    Apa benjolan mb mel udh kempes,wlpn hormonnya normal ?
    Buat mb wiwi,apa mb rasain aq rasain jg,ayo semangat mb,kt hrs smangat melawan pnykit ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Fuji, makasih ya, sudah mengunjungi blog saya. Thyroid itu macamnya banyak dan penyebabnya juga banyak. Gondok beracun itu cuma istilah Dokter yang merawat saya kok. Kalau mendengar penjelasannya secara detail, malah lebih menakutkan lagi tuh.... LoL. Hipertiroid yang saya derita termasuk penyakit Autoimun, mbak Fuji. Umumnya tidak menyebabkan benjolan dan kalaupun diraba pun kecil banget, itu salah satu karakter dari tiroid beracun ini. Bisa diketahui hanya melalui test darah dan gejalanya umum hipertiroid. Saya terapi obat selama 5 tahun, mbak Fuji. 2 tahun pertama yang paling berat, tapi setelah itu semuanya oke-oke aja tuh, sudah berteman baik dengan tiroid saya ... he he he. Yang penting kemauan sembuh dari kitanya sendiri kok. Keep spirit yaa ... semoga diberi kemudahan oleh ALLAH, SWT ... Aamiin.

      Delete
  14. Mba full syifa..insha Alloh mba sy msh trs smgt demi anak2 dan kelurga,,sepertinya hipertiroid sy agk mirip dg mb meila,tdk d'sertai benjolan..

    ReplyDelete
  15. Ooo.. jd mbak meila benjolannya kecil ya, kalo aq dah agak besar, wktu itu aq prnh tanya ke dokternya, kalo di oprasi bisa apa ga, katanya ga bs lgsg oprasi,soalnya hormonnya blm stabil,blm normal. katanya gondokku ini trmsuk gondok beracun. Aq takut mbak,mslh benjolan ini, soalnya aq msih ngerasain palpitasi wlpn ga separah dulu. Mbak meila n mbak wiwi apa masih palpitasi juga ?
    O ya mb meila,bagi tipsnya donk, biar bisa semangat melawan penyakit ini.

    ReplyDelete
  16. Kdang leher jg terasa sakit.. apa mb meila prnh gtu jg ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cuma saya aja, 2 sepupu saya juga begitu. Kalau Thyroid kan memang tekanannya di leher, mbak Fuji. Biasanya gampang banget terkena batuk dan radang tenggorokan. Palpitasi, tremor, akan berkurang setelah rutin minum obat. Memang perlu kesabaran dan kedisiplinan extra. Kalau saya dulu sih sekitar 2 tahun baru berkurang, karena kadar T3 & T4 sudah sangat melampaui batas. Setelah 5 tahun terapi obat semuanya sudah normal kembali, meskipun kalau kambuh bikin geger juga. Kadang masih palpitasi & tremor juga kok. Nggak papa sih, asal masih bisa tidur aja ... LoL. Kadar hormon thyroid saya waktu itu tinggi banget lho, mbak Fuji mungkin belum seberapa. Kemarin saat kambuh, lebih tinggi lagi. Dokter yang merawat saya aja sampai keder ... he he he. Kalau tips-nya sih, saya kira wajar dan biasa aja kok. Semua makhluk hidup kan pasti inginnya sehat, jadi kalau sakit ya mesti berobat, berikhtiar. Soal gimana nantinya, serahkan aja semuanya pada ALLAH, SWT. Sang Maha Pencipta dan pemberi kehidupan. Intinya bagaimana kita menerima takdir, karena penyakit autoimun itu nggak bakalan sembuh, hanya bisa dinormalkan aja. Asal badan kita kuat dan pikiran sehat, semua bisa dilawan kok. Banyak-banyak bersyukur aja karena masih bisa bernapas, makan, minum, jalan-jalan, membaca, menulis dan dikelilingi orang2 yang peduli dengan kita. Keep spirit yaa ... pasti ALLAH, SWT memberi kemudahan ... Aamiin.

      Delete
  17. Aamiin.. mksih mbak meila supportnya. Smoga ALLAH menyembuhkan kita dr penyakit ini dan senantiasa beri kita kebahagiaan. Sifat mb meila ni perlu di contoh, kerena ketegarannya, ga kaya saya, berdebar dikit aja parnonya minta ampun he he..
    Salam untuk keluarga mbak meila ya,semoga selalu di lindungi ALLAH.. AAMIIN

    ReplyDelete
  18. O ya mbak meila, kalo boleh tau mb meila dulu pas palpitasi tu sehari brp kali ?
    Kalo sy skrg palpitasi sehari kdg 2x,kdg 3x, itu detaknya cepet trs normal. Kdg detak jntungku terasa keras gitu, smpk badan ikut berdetak jg. Mbk meila kyk gtu jg kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu HR saya diatas 110 terus, sering lebih malahan, apalagi kalau buat aktifitas. Jadi nggak bisa ngitung berapa kali per harinya. Pernah sih hasil EKG sampai 160 lebih dan pastinya, berakhir di RS. Setelah terapi obat 6 bulan baru berangsur-angsur. normal. Kalau sekarang malah bisa ditebak, asal kecapean yang luar biasa, HR-nya cepet, normal lagi kalau istirahat dan bisa tidur nyenyak. Btw, kalau HR-nya nggak cepet alias normal, berarti bukan Hipertiroid dong ....LoL

      Delete
  19. Kalo sy, detak jntungnya kdg2 kyk lari gtu,cpt bgt, trs normal lg.. pas di priksa dokter emg pas normal mbak, tp kdang2 berdebar hbs tu detaknya normal lg. Ga beraturan gtu. Kalo mbak meila berdebar trs menerus gitu kah ?

    ReplyDelete
  20. Smalem pas ikut pngajian kan berdiri agak lama ya mbak,wktu itu emg agak pusing n sdkit mual tp aq pksain ikut. trs tiba2 badan terasa dingin,aq liat tanganku warnanya pucet,kyk mau pingsan,trs aq duduk,aq liat kakiku jg pucet,wajahku jg pucet. Jntung berdegup kencang, aq tkut bgt,anxie ku lgsg kumat,pikiran dah ga karu2an. lgsg aq ke UGD. Nympk sana di ksih oxigen, tensi 130/80,trs ktanya detak jntungnya normal. Tp aq td ngrasa kyk cpet bgt, trs d sruh istirahat dlu. Stlh agak lama, bdan jd anget lg. Itu knp ya mbk meila ?
    Aq tkut bgt, aq udh 3X kyk gni,tp yg dlu2 ga separah ini. Boleh kah, aq mnta nmr WA atau bbm mb meila ? Kalo ga mengganggu sih, klo ga boleh gpp mbak. Tlg di jwab donk mbak, parno ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik Anda berkonsultasi langsung dengan DOKTER yg menangani penyakit Anda, mbak Fuji. Agak aneh juga karena penurut penuturan Anda, baru 3 bulanan minum obat tapi kok sering kumat ... LoL. Pengalaman saya nih, hipertiroid itu ada fase-fasenya dan terapi yang dilakukan Dokter pada umumnya tahunan. Umumnya penderita Hipertiroid punya gejala yang sama, seperti yang saya alami dan saya tulis di artikel saya ini. Semoga cepat sembuh dan diberi hidayah oleh ALLAH, SWT ...

      Delete
  21. Iya mbak, saya jg ngerasa aneh, kmren kata dokter jaga di UGD,hipertiroid tu ga ada hbungannya ma dingin, yg ada hipertiroid itu cenderung suhunya panas bkn dingin. Apa mngkin efek cemas berlebihan yg sy derita ya (anxietas), Dokter yg nanganin saya agak cuek, pas sy control dokternya ganti2,jadi sy krg dpt banyak informasinya. Ya dah, mngkn sy hrus control lagi. Aamiin,mkasih mbak meila.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mb Fuji, spertinya mudah cemas ya tiap gejalanya muncul, sya jg pernah bbrp x sperti itu.
      Saran saya mgkin lbih ke sugesti positi aja mbak agar bs lbih tenang..
      Bilanh ke diri sendiri klau semuanya bakal baik-baik aja, klau kumat di tempat sepi mgkin baiknya mbak Fuji prgi ke tmpat dimna ada orang, jd klaupun nanti pingsan atau knp2 ad org lain yg bantu. Klau kumatny wktu brdiri berjalan, cb duduk atau jongkok bbrp menit dlu, tarik nafas atur nafas, atau bs smbil ngbrol sm tman di chat dll biar ga fokus dgn gejala, biasany itu manjur buat sya.. dan nanti sembuh sendirinya br sya aktivitas lgi.
      Intinya cuma sugesti positif, ada tmn ngbrol, agar tdk trlalu parah cemasnya. Semoga bs membantu, jgn lupa minum obat dr dokternya ^^ semoga lekas sembuh. Aamiin

      Delete
    2. Iya mb luna, smnjak skit hpertiroid sy mudah cemas berlebihan,, ada yg aneh di badan gtu lgsg cemas n panik..
      Smalem hbs kumat,punggung n kpla blkg terasa dingin,trs kpala rasanya sprti di cengkram tp ga pusing,lgsg kumat paniknya, palpitasi menyusul kemudian,tmbh komplit pake telor dah ...
      O ya,aq akhir2 ini sring bgt klo buang nafas gtu trasa anget,knp ya mbak luna ? Apa bawaan hipertiroid,lambung,atau kecemasan ? Soalny aq pny skit lmbung jg.. mbak prnh ngalamin kah ?

      Delete
    3. Klau dr pengalaman saya, memang suhu tubuh sllu anget gitu mbak, klau diukur pkai termometer suhu normal, tp rasanya di dlm tubuh lbih panas, haha.. Nah kbetulan sya jg ad mslh , klau bisa jgn telat makan ya mbak Fuji, klau saya telat makan sbentar gas lambung lgsg naik, bukan cm panas kadang ngerasa sperti ada yg menekan/mengganjal bagian atas lambung dekat dada, biasanya berangsur pulih stelah sya makan lalu sendawa berkali2.

      Delete
    4. Oo,, mngkn krna bawaan lambung ya mb, tp kbnykan emg org yg pny skit hipertiroid jg pny skit lambung,wlpn ga smua..
      Klo sy kdg sesak nafas,ulu hati clekit2,kembung,mual,sring buang angin.. kdg punggung terasa dingin,lemes.. aahh sudahlah..
      Smoga kita smua cpt sembuh,mininal membaik.. aamiin

      Delete
  22. Salam mba meila.. Saya hanya ingin menanyakan, apakah ada pantangan mknan utk penderita hipertiroid? Terima kasih untuk sharing nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Cella. Kalau pantangan makanan, menurut dokter yang merawat saya,karena autoimun semua tergantung pada daya ketahanan tubuh masing-masing, jadi setiap orang berbeda-beda, mbak.

      Delete
  23. Oh gitu ya mba.. Krn saya sdg hamil 4 bln, dan dilihat dr hasil cek darah dokter mengatakan kalau saya hipertiroid. Saya dianjurkan ke spesialis penyakit dalam, tetapi baru dapat kesana mgg depan. Mungkin saya bisa mengontrol nya dgn pantangan mknan. Ini jg msh khawatir, apakah obat2annya nanti akan aman untuk ibu hamil dan calon babynya. Memang saya hamil ini, yg kebetulan anak ketiga byk bgt mengalami keluhan. Dimulai dr hiperemesis alias mual berlebih, sampai GERD (asam lambung naik sampai ke mulut), tdk bs mkn smpai bobot menyusut 14kg. Namun alhamdulilah setelah memasuki 16mgg, sdh bs mkn kembali. Tp hasil cek lab nya seperti itu :( smoga ada pengobatan terbaik yah mba yg aman utk bayi saya.

    ReplyDelete
  24. Dulu saya juga konsultasi ke dokter kandungan, mbak Cella ... obat hipertiroid aman kok untuk ibu hamil ... dan sebaiknya penderita hipertiroid rutin minum obat tiroid selama masa kehamilan ... Kalau merasa ada yang tidak beres langsung konsultasikan aja ke Dokter yang merawat mbak Cella ... semoga kehamilannya lancar ya, mbak ...

    ReplyDelete
  25. Haalloo mBaak meila.. saya jg didiagnosis hipertiroid sdh 6 bulan. Mata saya membesar sebelah..saya sering ga pede karna itu..aku apakah mata bisa kembali normal seperti dlu gaa yaah.. ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Siti .... Bisa kembali normal kok, asal disiplin minum obat ....

      Delete
    2. hai mb siti.... boleh minta no. hp nya ga? karnadiagnosis yg mba alami sma dg yg saya alami. utuk sharing aj. atau bolehhub sy y di no. 087828555550. makasi

      Delete
  26. Haalloo mBaak meila.. saya jg didiagnosis hipertiroid sdh 6 bulan. Mata saya membesar sebelah..saya sering ga pede karna itu..aku apakah mata bisa kembali normal seperti dlu gaa yaah.. ??

    ReplyDelete
  27. Halo mbak Meila. Saya jg pasien Hipertiroid sejak 2012. Alhamdulilah tdk pernah sampai mengalami krisis tiroid. Agak serem jg baca artikel yg mbak alami sampai masuk ICU segala soalnya saya pikir gak bakal ampe separah itu.Saya jg gak pernah sampe opname mbak hanya rutin check up n minum obat.Hanya saja saya jg sering bandel gak mau minum obat sampe saya ngalami mata berkunang n badan gemetaran. Selama hamil jg saya jarang sekali minum ptu soalnya takut menembus placenta meski kata dokter ptu paling aman buat ibu hamil dgn kasus tiroid. Dan alhamdulilah aq jg bisa lahiran normal dan anakku sehat.Sama kayak mbak meila aq bawa enjoy aja gak mau jd beban pikiran.Thanks buat sharing pengalamannya. Bisa buat masukan jg biar aq dan kita semua gak terlalu anggap sepele ini penyakit n jgn pula stress menghadapinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga sudah membaca artikel saya mbak Miyuu Sawai ....

      Delete
  28. Halo mb Meila , mksih udah share ttg pengalamannya. Sya ikut share jg ya..
    Mungkin sudah 7 tahun sya trkena hipertiroid,tepatny sjk masuk SMA. Tadiny saya kira amandel,krn waktu kcil sya pernah oprasi amandel, jd sya takut klau hrs oprasi lgi. Hha..smpai detik ini stelah bca artikel mb Meila sya bru ada kberanian untuk priksa. Ternyata bisa disembuhkan dgn obat ya mb? Hiperteroid sya spertiny tipe yg mglmi pmbengkakan, tp kecil ukuranny, dan dr luar tak terlihat di leher.. cm terasa klau diraba. Ga sakit, tp gejalany smua mirip, srg brkeringat over pdhl tdk braktivitas, bbtp tahun trakhir sring deg2an..sya smpat mikir apa trkena jantung pdhl usia sya msih 20an, lol, bner2 parno tiap gejala tsb muncul. Jujur sya cwe yg bs dbilang jrang / hmpir tidak prnah olahraga, pola makan dll ga teratur, dlu sya pkir krena hal itu sya jd kuruuss hhaha.
    Semoga hipertiroid sya bs disembuhkan dgn obat ky mb Meila yaa..amiiin ^^ sya ngeri klau hrs oprasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah membaca artikel saya yaa mbak Luna, semoga tiroid-nya cepat normal ...

      Delete
  29. Oia mba, sklian sya mau tanya, mba Meila bbrp tahun minum obat apa g brpgruh buruk k ginjal? Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya minum obat selama 6 tahun, tidak pengaruh apa-apa ke ginjal mbak Luna karena Dokter sudah tahu takarannya. Hipertiroid kalau tidak diobati justru akan mengakibatkan gagal ginjal, gagal jantung, gagal liver dan penyakit lainnya ...

      Delete
    2. mba klo dalam masa pengobatan , apakah boleh hamil?

      Delete
    3. Menurut dokter yang merawat saya, tidak masalah kok, malahan penderita Hiperthyroid sebaiknya rutin minum obat selama masa kehamilan.

      Delete
  30. Mb meila boleh share ya.. saya terkena hypertiroid dr desember 2015. Sya diberikan obat PTU dan propanolol. 3 bln pertama sdh mendingan keringat berlebih jantung berdebar dan tremor sdh hilang dan berat bdan saya yg tadiny trun jdi 40 kg akrg sdh 49,5kg hanya saja belakangan ini saya benjolan dileher saya membesar tetapi alhmdulillah tidak mengurangi berat bdan saya. Hanya sja saya lagi batuk merasa ada yg mengganjel di leher saya.. memang 2 bln lalu sy ada lupa minum obat PTU 1x. Setelah itu saya ga pernah lagi lupa minum obat dan sllu minum obat rutin. Benjolan ini bisa beekurang ga ya mb.. saya merasa klo stres dan lelah sprti mebesar klo saya enjoy dy berkurang.. apakah mb jg pernah ngerasain sprti saya. Mohon share mb

    ReplyDelete
  31. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Eighwika. Penyakit autoimun memang seperti itu. Yang sering datang sebelum, setelah atau sedang dalam masa pengobatan itu flu, badan panas dan faringitis ( radang tenggorokan ). Asalkan daya tahan tubuh kita bagus dan banyak istirahat biasanya cepat sembuh, termasuk benjolan di leher.

    ReplyDelete
  32. Iya mb makasih sdh membalas share saya. Mb benjolan itu akan hilang ga tanpa adanya operasi? Td saya kontrol k dr cm drpd yg biasa menangani saya sdg berhalangan hadir karena sakit jdi saya k drpd yg satunya.. ada perbedaan pendapat. Dr irman yg biasa menangani saya blg tdk perlu operasi asalkan kita disiplin minum obat. Smkin hormon normal akan dikurangi dosis obatnya. Sdgkan drpd td blg klo hormon sdh normal nanti bisa operasi untuk benjolannya. Saya jdi bingung jujur saya gamau d operasi 😢
    Bisa hilang kan mb benjolannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung besar kecilnya benjolan Mbak. Ada yang terlihat dan ada yang tidak. Kalau menurut dua dokter yang merawat saya, operasi bukannya tidak ada resiko dan salah satu cara menyelesaikan masalah. Seumur hidup kita harus mengkonsumsi kalsium. Karena penyakit autoimun itu tidak bisa sembuh dan sewaktu-waktu bisa kambuh. Jadi mesti dijaga hormon thyroid-nya agar tetap normal. Soal pilihan perawatan tergantung pada keputusan pasien.

      Delete
    2. Mb meila saya mau share lagi. Sebelumnya yg saya rahu gipertiroid agak susah hamil. Tapi ternyata saya hamil. Sebenernya saya mau kb tetapi tidak bisa pakai kb suntik harus spiral. Sdgkan spiral saya parno krna mama sy pernah kena mium krna spiral. Jdi saya tidak kb ternyata saya hamil. Agak syok terutama suami sya krna dy kepikiran sya yg mah dalam masa pengobatan. Td saya kontrol ke dokter yg biasa sya berobat. Beliau memang blg memang seharusny klo bisa ditunda tapi krna sdh terjadi ya hrua tetap diobati dan dipantau jga dengan dr spog untuk menghindari resiko. Saya blm kontrol k spog krna td saya sdh kelelahan mgkin lusa sya kontrol. Yg mau saya tanya. Ada yg sperti saya gak ya mb kena hipeetiroid hamil. Saya agak parno krna takut terjadi apa2 dgn anak dikandungan saya. Mohon share ya mb meila. Terimakasih

      Delete
  33. siang mba.... mba sy juga mengalami hipertiroid udh 3 bulan mata sebelah kiri menonjol sebelah . sedih..... sy minum obat PTU 3x1. yg sy mau tanyakanp brp lama penyembuhan penyakit hipertiroid dan utk mb sendiri apakah skrg sudh bnr2 sehat dan normal lg. mkasi mba. dan sy baca juga klo ciplukan itu bs jd ramuan herbal utk pengobatan tiroid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Maey cie. Proses penyembuhan tergantung dengan kondisi si penderita. Kalau disiplin minum obat, biasanya sih thyroid-nya cepat normal. Soal berapa lama terapi, itu tergantung pada Dokter yang merawat. Semoga thyroid mbak Maey cepat normal.

      Delete
  34. Aduh kk saya seneng deh bacanya, seneng banget kk udah sembuh. ka, aku gak baca semuanya sih ak longkap-longkap, kalo boleh tau kk ditangani oleh dokter siapa dan RS man ya? terus untuk makanan hiper ak galau nih di tiap blog beda", hiper tuh boleh minum susu atau tidak? boleh makan sayur bayam atau tidak? atau yang boleh atau tidaknya apa sih ka? rancu.. mohon jawabannya ya ka, thanks

    ReplyDelete
  35. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Agatha. Dulu saya ditangani 2 orang dokter, Internist ( Rhematologist ) & Cardiologist. Dua tahun yang lalu tambah satu dokter lagi, Internist( Endokrinologi ). Kalau soal makanan, tergantung pada daya tahan tubuh masing-masing ya, begitu juga dengan olahraga. Kalau sekiranya makanan itu memacu naiknya hormon Thyroid lebih baik tidak dikonsumsi. Reaksi umum biasanya tremor dan tubuh seperti keracunan. Kalau minuman, sari kedelai dan teh hijau tidak disarankan untuk dikonsumsi. Susu sapi malah dianjurkan soalnya tinggi kalsium karena penderita hipertiroid rentan osteophorosis. Asal kita tenang dan berpikiran positif, semuanya baik-baik aja kok.

    ReplyDelete
  36. Halo mba meila slm kenal...aq baru didiagnosis hypetiroid 1 bulan ini...ketauannya siy karena pusing ga sembuh2 sm tensi tinggi menjulang hahahahhaha mengerikan trs berdebar2 setelah cek freeT4 sm TSHs cm TSHs nya yg rendah dokter bilang aq hipertiroid subklinis...Disuruh dokter minum thyrozol 1x5 mg sm bisoprolol 1x2,5mg..mau tanya skrg kan mba meila udh sembuh yah apa tensinya masih tinggi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak Zahwa ... makasih sudah mengunjungi blog saya. Kalau positif Hipertiroid memang TSH-nya rendah. Alhamdulillah yaa, Hipertiroid mbak masih di level subklinis alias masih rendah. Kalau rajin minum obat, Inshaallah semuanya bisa terkendali, semuanya akan berjalan normal termasuk tensi. Cuma perlu dijaga aja karena Hipertiroid itu gampang-gampang susah, treatable but incurable ... bisa diobati ( dinormalkan ) tapi tidak bisa disembuhkan. Karena begitulah sifat penyakit autoimun. Semoga tiroid-nya cepat normal yaa.

      Delete
  37. Tp pertama2nya emang badan rasanya begini ya mba jungkir balik ga enak trs...lemes,ngantuk kepala berat????
    Mba meila dianjurkan olah raga apa sm dokter????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dulu, lebih dari itu, gejala seperti artikel yang saya posting. Olahraga yang disarankan, SKJ ... Senam Kesegaran Jasmani. Tapi boleh juga olahraga yang lainnya asalkan sesuai dengan ketahanan tubuh masing-masing. Jadi dikira2 sendiri aja yaa, mana yang sesuai dan cocok buat tubuh mbak Zahwa.

      Delete
  38. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  40. Mba, aku dah setahun setengah kena hyperthyroid. Sekarang masih berobat rutin k dokter mata.
    Mata saya yg kiri menonjol. Kira kira bisa normal kmbali g bentuk mata saya.
    Saya juga ngrasa kalo sekatang cepat marah,
    Minder juga mba dengan kondisi mata saya begini

    ReplyDelete
  41. Mba, aku dah setahun setengah kena hyperthyroid. Sekarang masih berobat rutin k dokter mata.
    Mata saya yg kiri menonjol. Kira kira bisa normal kmbali g bentuk mata saya.
    Saya juga ngrasa kalo sekatang cepat marah,
    Minder juga mba dengan kondisi mata saya begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam mba meila,, aku usia 24thn ,,dr usia 14 thn aku tu keringetan terus di seluruh badan ,, dan baru" blakangan ini inisiatip nnya ke puskesmas ,, nah pas leher'y diraba kt'y aku kena tiroid ,, sekarang sih baru cek darah .. yg mau aku tanya emang bener klo tiroid itu keringet'y diseluruh tubuh ,, ??badan tuh rasa'y gerah terus,, lengket jg lg ,,

      Delete
    2. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Dwi Wahyuni ... Ciri khas Hiperthyroid memang begitu ... mata bendol-bendol dengan kondisi psikis yang sensitif dan temperamental alias mudah marah. Kalau disiplin minum obat semua kondisi itu akan kembali normal. Btw, berobatnya ke dokter mata ya, bukan ke Internist .... Semoga cepat pulih mbak Dwi ...

      Delete
    3. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Susan Yulia. Thyroid itu penyakit dan penyebabnya ada bermacam-macam mbak ... kalau Hiperthyroid sering cirinya sering berkeringat, kepanasan, jantung berdebar, pandangan mata tidak nyaman, temperamental, sensitif, tidak tahan cahaya, badan semakin kurus, dll. Kalau Hipothyroid kebalikannya. Semoga mbak Susan sehat selalu ....

      Delete
  42. Mba meila,, kemaren saya udh cek darah hasil'y ft4&tsh kt'y normal tp blm usg sihh,, itu klo hasil'y normal ada kemungkinan tiroid gga mba,,
    Td'y aku kira aku kena hiperhidrosis semacam keringet berlebih ,, tp hiperhidrosis ada penyebab dr penyakit jg mba,, salah satu'y penyakit tiroid terlalu aktif ,, kt dokter'y ada benjolan gtu dileher klo nelen keliatan,, aqu tuh keringetan terus mba ,, trus badan pegel" bgt walaupun gga ngapa"in ..klo dr ciri" aqu tu haid'y gga teratur ,, susah konsentrasi,, badan rasa'y berat,, keringet'y berlebih,,
    Itu gmna ya mba,,
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Susan Yulia ... lebih baik bertanya pada ahlinya aja ya ... ke dokter internist sub bagian endokrinologi ... dengan begitu, mbak tahu pasti, benar-benar terkena hipertiroid apa tidak .... semoga cepat sembuh ...

      Delete
    2. Halo mba susan, gimana kabarnya.. apakah sudah melakukan pemriksaan lanjutan. Soalx gejalanya mirip saya. Saya 4x melakukan pemeriksaan tiroid dengan 3 dokter berbeda. Namun semua hasilnya normal.

      Delete
  43. Iya mba aku kn pke bpjs jd waktu cek'y tu di jarakin seminggu"..
    Ohh ya aku mw nnya aja nihh klo hipertiroid itu keringet'y berlebihan kan ,, mba meila dulu itu keringet'y di badan aja apa seluruh tubuh mba ,, kyak di lengan,tangan,paha,pantat itu jg keringetan gga mba?? Soal'y aku gtu mba,,
    Makasihhhh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keringat berlebihan terus menerus atau sampai baju basah banget kayaknya enggak mbak Susan Yulia. Karena intoleransi panas aja jadinya merasa gerah di seluruh tubuh. Cuma pada waktu olahraga aja keringat keluar banyak.

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Jadi mba meila cuma ngerasa gerah aja ya ,, gga sampe keringetan diseluruh tubuh??
    Klo aqu lg nervous/panik/grogi keringet'y pasti keluar smua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluar keringat tapi nggak berlebihan mbak Susan ... keringat yang keluar secara berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi. Kalau sedang panik,gugup keluar keringat itu wajar kayaknya yakk. Saran saya kalau memang didiagnosa Hipertiroid, kenali penyakitnya, respon tubuh kita dan sering bertanya pada dokter yang merawat karena daya tahan tubuh setiap orang itu tidak sama, begitu juga dengan terapi yang diberikan.

      Delete
  46. Malem mba (*dsni malem,yklo disna siang bodoamat)
    Saya msih smp nih,bru tau trnyta ku sakit ini ,pas nny ke ortu trnyta mreka udh tau,tpi mreka gmau ngmong wks..
    Pntas saya disuruh minum obat ini itu, trnyta saya penyakitan :"v
    Mau nnya kak klo dri skrang trus rajin pengobatan,nnti besar bisa sembuh ga? Sy lngsung drop tdi,klo bisa sy bkal rajin kok,tpi klo engga ya trima nasib aj .. gmna mba?bisa ga?bisa?bisa? Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Brigita ... kalau memang benar-benar sakit kan memang harus berobat dan minum obat. Kalau soal sembuh atau tidak coba tanya sama Dokter yang menangani karena itu adalah hak pasien meskipun masih SMP. Semoga cepat sehat yaa ...

      Delete
  47. Met pagi mbk Meila, sy sudah 8 bulan ini terkena hipertiroid, obat Thyrozol rutin sy minum, tapi kenapa kondisi saya akhir-akhir ini tambah memburuk ya, tanpa sebab yg jelas, tiba2 jantung berdebar lebih kencang dr biasanya dan ditambah nyeri, biasanya sy ndk pernah seperti itu, dan benjolan di leher malah lebih besar juga mulai nambah di sebelah kanan (dulu hanya bag.kiri saja)

    Dokter yg biasanya menangani sy sekarang sekolah lagi, diganti dengan dokter lain yg tidak seberapa peduli dengan pasiennya (hanya melanjutkan resep sj dr dokter sebelumnya tanpa ada pemeriksaan lebih lanjut)

    Adakah obat alternatif untuk hipertiroid? Dan adakah rekomendasi dokter ahli tiroid yang sabar & telaten, juga di rumah sakit manakah? Biayanya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Zeyrkitty ... Kondisi seperti yang Anda alami biasa terjadi saat menjalani pengobatan thyroid. Kalau untuk obat alternatif saya tidak sarankan soalnya belum ada yang terbukti menyembuhkan. Karena hyperthiroid hanya bisa dinormalkan kadar thyroid-nya bukan untuk sembuh selamanya. Untuk dokter, sebaiknya ditangani yang lebih ahli yaitu internist dengan sub bagian Endokrinologi. Soal biaya terapi tergantung pada kebijakan RS setempat ya, bisa memakai BPJS juga kok. Terapi hyperthiroid memang membutuhkan kesabaran dari diri kita sendiri mbak. Yang penting yakin aja penyakitnya bisa dikendalikan. Semoga cepat pulih ...

      Delete
  48. Terima kasih atas jawabannya mbk meila, sekarang saya berbalik terkena Hipotiroid, yang saya takutkan adalah detak jantung yang melemah.
    Ini karena test lab yg terlambat (2 bln sy tidak test lab, krn tidak dikasih rujukan sm dokter pengganti), tsh saya >60,,,
    Sy sampai kolaps gemetar hebat, susah bernafas krn denyut pelan & langsung masuk igd..

    Apakah mbk meila jg pernah mengalami dari hiper ke hipo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah mbak ... saat beberapa bulan pertama terapi ... cuma sekali itu saja ... setelah itu kadar hormon Thyroid normal terus sampai terapi selesai ( 5 tahun ).

      Delete
    2. Pas jadi Hipotiroid obatnya samakah dgn saya? Thyrozol distop sm dokter, sekarang saya minum Euthyrox 100mg.
      Benjolan di leher saya membesar, menggangu pada waktu menelan, apakah mbk Meila jg mengalami kondisi yg sama seperti saya?
      Bisakah benjolan tersebut kempes?

      Delete
    3. Obat yang diberikan oleh dokter yang menangani saya cuma PTU dan Propanolol. Setiap dokter punya cara-cara yang berbeda dalam menangani pasien mbak Zeyrkitty, karena kondisi dan ketahanan tubuh pasien itu tidak semua sama. Agar lebih jelas lagi, apapun yang mbak rasakan ( ada benjolan atau kondisi fisik lainnya ) lebih baik dikonsultasikan pada dokter yang merawat.

      Delete
    4. Mbk Meila kalau boleh saya tahu, sekarang hasil labnya mbk sudah normal kah? T3/T4/Tsh berapa? Dan apakah mbk dulu tidak ada benjolan / nodul tiroid?

      Delete
    5. Kalau benjolan dileher tidak terlihat, cuma kata dokter yg merawat, tiroidnya membengkak ke dalam. Kalau hasil test, namanya juga penyakit autoimun, kadang normal kadang nggak. Kalau T3, T4, TSHS, FT4 ada yg nggak normal, biasanya tubuh ngasih sinyal.

      Delete
  49. Mbak mei aku abis periksa ke lab terus hasil ny tshs 1.095 t3 (total) 0,51 aku positif hypertiroid atau tidak yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau yang ini saya kurang tahu ... lebih baik tanya ke dokter aja yaakk soalnya nilai rujukan hasil test laborat itu tidak sama antara satu dengan yang lain.

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Senangnya ketemu blog ini, membahas hipertiroid dan aktif sampe sekarang. Salam kenal mbak, saya Iffah, 3 minggu yg lalu didiagnosa hipertiroid
    BB turun, mata menonjol, leher bengkak, denyut jantung nggggak karuan debarannya dan hasil lab T4nya tinggi banget 5 koma sekian, kemarin dikasih ptu dosis tinggi, nggak ada pantangan dlm hal makanan, nggak boleh capek, olahraga bolehnya jalan kaki dan katanya pengobatannya ini bakalan 2 tahunan

    Saya lemesss dengarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya sehabis minum ptu badan koq makin mengembang dan rasanya koq suka kecetit bagian tubuh
      Kenapa ya mbak

      Delete
    2. Oh iya sehabis minum ptu badan koq makin mengembang dan rasanya koq suka kecetit bagian tubuh
      Kenapa ya mbak

      Delete
    3. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Iffah Zainal. Terapi obat Hipertiroid berat badan memang harus naik mbak . Kalau tidak ada kenaikan berat badan berarti obat tidak berfungsi. Biasanya dokter akan menaikkan dosis atau menggantinya dengan obat lain. Semoga cepat normal hormon tiroidnya ya ...

      Delete
  52. Senangnya ketemu blog ini, membahas hipertiroid dan aktif sampe sekarang. Salam kenal mbak, saya Iffah, 3 minggu yg lalu didiagnosa hipertiroid
    BB turun, mata menonjol, leher bengkak, denyut jantung nggggak karuan debarannya dan hasil lab T4nya tinggi banget 5 koma sekian, kemarin dikasih ptu dosis tinggi, nggak ada pantangan dlm hal makanan, nggak boleh capek, olahraga bolehnya jalan kaki dan katanya pengobatannya ini bakalan 2 tahunan

    Saya lemesss dengarnya

    ReplyDelete
  53. Senangnya ketemu blog ini, membahas hipertiroid dan aktif sampe sekarang. Salam kenal mbak, saya Iffah, 3 minggu yg lalu didiagnosa hipertiroid
    BB turun, mata menonjol, leher bengkak, denyut jantung nggggak karuan debarannya dan hasil lab T4nya tinggi banget 5 koma sekian, kemarin dikasih ptu dosis tinggi, nggak ada pantangan dlm hal makanan, nggak boleh capek, olahraga bolehnya jalan kaki dan katanya pengobatannya ini bakalan 2 tahunan

    Saya lemesss dengarnya

    ReplyDelete
  54. mau nanya mbak mel .mbak mel setelah uji lab terakhir hasilnya dinyatakan normal . apakah saat mbak mel kumat lg mbak mel terapi minum obat lg atau hanya mengontrol sesuai respon tubuh kalo berat badan belum turun blm minum obat lg .soalanya saya hypertyroid minum obat 3th dri 2011 dan udah berhenti 3th jg wlpun kadang merasa cemas dan tremor tp berat badan saya masih stabil g ada penurunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya Yogi jank ... Mas atau Mbak nih ... LoL. Hasil uji lab terakhir saya dulu normal, selama 4 tahun sesudahnya juga normal terus dan badan juga benar2 fit. Baru 2 tahun belakangan ini flare up lagi, karena T4 naik, meskipun berat badan stabil. Obat yang saya minum juga berganti2, disesuaikan dengan kondisi, tapi dokter tetap memberi obat Beta Blocker dan obat tidur untuk mengatasi tremor, gelisah dan pusing.

      Delete
    2. mas mbak. kayaknya cowok jarang ya kena HT. saya sering demam jg badan panas tp g bener2 panas dan jg pilek tp klo dtes pakai termometer masih normal .

      Delete
  55. Adakah yg mengalami seperti saya ini ...selama pengobatan berat badan saya rasanya tak terkontrol, mau makan banyak atau tidak tetap aja ngembang. Tiap pagi saya usahakan jalan pagi keliling comp, biasanya dgn begitu badan saya ramping, pipipun tirus tapi sekarang malah makin bulat aja. Terkadang suami suka kayak kaget gitu liat penampilan bininya yg makin membesar. Adakah diet yg aman buat kami penderita hipertiroid ? 😔😭

    ReplyDelete
  56. Mba Meila, terima kasih postingannya banyak membantu memberi informasi ttg hipertiroid. Dokter mengatakan bhwa Saya mengidap HT, tp tdk ada benjolan d leher, seminggu yg lalu hasil lab Tshs <0,005 ft3 dan ft4 tinggi sampai bbrp kali lipat dr nilai normal. Sdh seminggu ini saya minum thyrozol dan propranolol, gejala membaik alhamdulillah. Tp Skrg ini saya lemes, kaki gk bertenaga dan keleyengan. Apakah thyroid storm itu mba? Terima kasih Mba Meila

    ReplyDelete
  57. Mba Meila, terima kasih postingannya banyak membantu memberi informasi ttg hipertiroid. Dokter mengatakan bhwa Saya mengidap HT, tp tdk ada benjolan d leher, seminggu yg lalu hasil lab Tshs <0,005 ft3 dan ft4 tinggi sampai bbrp kali lipat dr nilai normal. Sdh seminggu ini saya minum thyrozol dan propranolol, gejala membaik alhamdulillah. Tp Skrg ini saya lemes, kaki gk bertenaga dan keleyengan. Apakah thyroid storm itu mba? Terima kasih Mba Meila

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Lina. Gejala seperti lemes, kaki nggak bertenaga dan kliyengan bagi penderita Hipertiroid itu biasa mbak, tapi kalau terus menerus lebih baik langsung ke dokter yang merawat aja. thyroid storm itu krisis tiroid mbak. Kejadiannya tiba-tiba, sesak napas, jantung berdebar2, tremor, gelisah dan bisa mengakibatkan tidak sadarkan diri atau pingsan. Dokter ngasih istilah keracunan hormon tiroid atau thyrotoxicosis. Awal tahun ini saya kena 2 kali, alhamdulillah wa syukurillah nggak sampai pingsan. Mudah2an nggak kena2 lagi deh, nyiksa banget soalnya. Kalau ada gejala seperti itu harus segera ke UGD biar cepat ditangani. Semoga kadar tiroid mbak Lina cepat normal lagi yakk. Keep spirit.

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  59. Unknown9 December 2017 at 07:02
    Mba meila, maaf saya mau bertanya, berarti jika saya udah 3 tahun minum obat dan belum normal itu wajar ya? Apakah saya tidak perlu dioperasi atau diradioaktifin? Lalu saya juga masih umur 21 dan belum menikah. Saya khawatir jika saya masih belum normal, akan mempengaruhi saya saat hamil setelah saya menikah nanti. Bagaimana ya mba? Terimakasih ttg infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Muthia. Kalau menurut dokter yg merawat saya, obat anti tiroid fungsinya untuk menstabilkan kadar hormon tiroid mbak. Umumnya minum sebulan juga sudah normal, bisa tiba2 naik karena memang ada pemicunya. Soal pengaruh sama kehamilan, dulu saya juga konsultasi ke dokter Obgin / kandungan dan tidak ada yg perlu dikhawatirkan. Kalau ingin tahu lebih banyak lagi, langsung konsultasikan ke dokter yg merawat aja mbak, biar lebih jelas. Semoga hormon tiroid mbak normal terus yaak ...

      Delete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Apa hipertiroid tekanan darahnya selalu tinggi mba, telapak kaki telapak tangan selalu dingin?

    ReplyDelete
  62. Apa hipertiroid tekanan darahnya selalu tinggi mba, telapak kaki telapak tangan selalu dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Okta. Tergantung kondisi si penderita dan penyebabnya hipertiroidnya kali yaa. Sepupu saya Hipertiroid, ada benjolan di leher tapi tensinya tidak tinggi, denyut jantung normal. Kalau telapak tangan dan kaki selalu dingin, umumnya iya.

      Delete
  63. Bingung mau nulis apa, tapi yg jelas saya juga penderita hipertiroid. Saya sudah lama ga kontrol, tapi masih tetap minum obat tiroid dari resep terakhir dari kontrol terakhir yg entah dari beberapa bulan yg lalu. Saya orangnya penakut ke rumah sakit dan memang belum pernah di rawat di rumah sakit kecuali ketika melahirkan anak pertama saya. Jadi, pas tau kena penyakit ini jadi down banget. Tapi bebera bulan terakhir saya mulai menerima penyakit ini, tapi klw udh baca2 lagi soal hipertiroid, saya stress lagi.
    Kondisi yang saya rasakan adalah badan kurus kerempeng (cuma 38 kg), badan pegel2 dan mudah lelah,bawaannya ngantuk dan malas, kulit jadi kering, dan yg paling saya rasakan perubahannya adalah, sekarang saya jadi gampang emosi, padahal dulu saya ga begitu.
    Bagaimana ya cara naikin berat badan, dan kayaknya sekeliling jg ga terlalu mengerti dan peduli kalau aku memang tidak baik-baik saja, aku butuh dukungan dan pengertian orang sekitar. Tapi haruskah aku menjelaskan aku begini karena aku bla-bla.....:'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Sinta. Diawal-awal didiagnosa dan pengobatan pada umumnya memang berat, saya dulu juga begitu. Untungnya saya mendapatkan dokter yang tepat dan suportif, jadinya terapi yang saya jalani selama 5 tahun terasa nyaman2 aja. Yang penting jaga komunikasi dengan dokter yg merawat, disiplin, semangat untuk berobat dan banyak makan aja Mbak, ntar lama2 berat badan naik sendiri kalau kadar tiroid sudah stabil. Semoga cepat sembuh yaa ...

      Delete
  64. Mbak bisa kasih tips untuk mengatasi psikis karena hipertiroid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh, tips-nya apa ya mas Syarif, berpikir positif dan tawakal aja kali ya ... he he he. Soalnya sampai sekarang saya sendiri kadang juga mesti jungkir balik mengatasinya. Bergabung dengan grup autoimun sedikit banyak juga membantu, jadi bisa saling support dan sharing.

      Delete
    2. Hai mba meila salam kenal ya mba...saya juga penderita hipertiroid sejak bulan agustus lalu..dan setelah menjalani pengobatan selama 3 bulan berturut turut alhamdulillah hasil cek lab akhir saya normal..namun gejalanya masih tetap ada..yg ingin saya tanyakan apakah hipertiroid memang seperti itu mba? Apakah gejalanya bisa sembuh total?

      Delete
  65. Hai mba meila salam kenal ya mba..saya juga penderita hipertiroid sejak bulan agustus lalu..setelah menjalani pengobatan selama 3 bulan berturut turut alhamdulillah hasil cek lab akhir saya normal..namun gejalanya masih tetap ada..yang ingin saya tanyakan apakah hipertiroid memang seperti itu mba? Apakah smua gejalanya bisa sembuh total?

    ReplyDelete
  66. Salam kenal juga mbak Dian. Kalau menurut dokter hipertiroid yg asalnya dari Grave's Disease bisanya cuma bisa dikendalikan dan diobati alias tidak bisa disembuhkan karena jenisnya Autoimun. Jadi sakitnya datang pergi gitu, tapi tergantung daya tahan tubuh masing-masing sih mbak. Mesti pinter2 mengatur aktifitas juga soalnya kalau sudah capek luar biasa, bisa flare up.

    ReplyDelete
  67. Hai mba melia.. salam kenal. Sy hipertiroid sejak th 2013.2 bln terapi obat dan normal. Stop obat juga. Nah bln januari kemarin kambuh lagi dari sekian lama ga sakit. 1 bulan pengobatan tyrosol hasil tshs normal tapi rendah.. alhasil tanda2 ngos2an masih ada, gampang capek, sensitif sama cahaya. Sekarang sudah sedikit membaik tapi berat badan yang makin turun.. aneh bgd khan.. apa memang begini ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya. Tanda-tanda hipertiroid memang seperti itu. Umumnya terapi obat itu dalam jangka panjang, bisa setahun atau lebih. Sebaiknya konsultasi aja dengan dokter yang merawat. Semoga cepat membaik hormon tiroidnya.

      Delete
  68. Terima kasih mba artikelnya. Saya juga penderita hipertiroid, mulai terlihat ada benjolan sejak tahun 2009. Kata dokter sih jinak, tapi makin lama makin membesar. Tahun 2010 mulai periksa sama ibu di semarang, udah sampe ngambil cairan di benjolannya. Tapi karena kuliah di jogja akhirnya gak cek" k dokter lagi sampe terakhir ini tahun 2016 karena hamil dan takut ada pengaruh sama janin, akhirnya rajin konsul k dokter sebulan sekali, terapi obat ptu. Anehnya sya merasa setelah ke dokter n minum obat ini malah kayak ada 2 benjolan di bagian agak tengah. Kemarin saya juga mengalami iufd (kematian janin di dalam perut) usia 6 bulan. Dokter kandungan gak bilang langsung kematian itu karena hipertiroid, karena selama kehamilan saya rajin k dokter penyakit dalam, rajin cek darah dan selalu normal, dan minum obat. Kata dokter penyakit dalam juga ada indikasi hipotiroid saat cek darah pas igd saat tau janin di dalam perut meninggal, tapi kt dokter itu kemungkinan kecil.
    Apa kemarin karena terlalu bnyak memikirkan tiroid ya jd benjol banget, pdhal sblumny g konsul dokter g membengkak banget. Gejala"nya saya kurus g bisa gemuk padahal makan udah banyak, g bisa terlalu capek, pernah periksa mata yg minus tp g ada gejala pembengkakkan di mata.
    Mba boleh tau nama dokternya dan dokter dimana? Saya skrg pindah domisili tangerang n ada rencana mau kembali terapi sebelum kehamilan selabjutnya, karena dokter saya dahulu di jogja. Dan boleh minta link grup sesama penderita hipertiroid, biar lebih semangat n positif thinking selalu hehe
    Terima kasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mengunjungi blog saya mbak Sal Qaura. Dokter saya di RS PKU Muhammadiyah Solo mbak, Internist sub bagian Endokrinologi ( SpPD, KEMD ). Kalau grup sesama penderita tiroid banyak mbak tapi lebih baik ikut yg credible aja seperti Pita Tosca, Thyroid Change, yg lebih luas lagi Autoimun Indonesia.

      Delete
  69. Numpang komen ya mbak Melia ...
    Mbak SalQaura .... kalo punya fb, search aja pita tosca, itu group bagi sesama penderita tiroid dan silahkan join. Disini ada wagnya juga ...
    Ada juga group hipertiroid, hashimoto, graves ( Indonesia ), join aja mbak disitu ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah oke terima kasih banyak mba :)
      Ohya mohon doanya ya semua, semoga penyakit ini menjadi penggugur dosa hehe

      Delete
  70. Halo mbak meila...di RS PKU Solo dirawat dokter siapa mbak? saya selama ini juga periksanya ke PKU solo dengan dokter wahyu aji...sudah lepas PTU n propanolol tapi ganti tyrozol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dengan dokter Supriyanto K,SpPD,KEMD dan Prof. Zaenal Adnan, SpPD,KR. Saya PTU sudah lewat 8 tahun yang lalu tapi masih minum propanolol. Kadang dikasih imunosupresan kalau lagi flare.

      Delete
    2. sampai sekarang masih rutin kontrol ya mbak?

      Delete
    3. Kalau sedang flare atau merasa kondisi tubuh ngga beres aja mbak Nurul. Tapi dokter menyarankan setiap 2 bulan sekali karena penyakit autoimun itu susah ditebak datangnya. Lebih baik segera ditangani lebih awal sebelum memarak.

      Delete
  71. Halo mba meila...
    aya penderita hipertiroid dengan hasil
    Ft4 7.1 ng/dl dengan rujukan 0.8 - 1.7
    Tsh 0.02 ulu/ml dengan rujukan 0.3 - 5 ulu/ml
    Apakah hipertiroid sy sudah parah??
    Makasih teman2 seperjuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal hasil cek lab atau parah tidaknya, lebih baik konsultasi sama dokter yang merawat aja soalnya tidak semua dokter punya opini, analisa dan cara penanganan yang sama. Parah atau tidak yang penting tetap semangat dan disiplin berobat. Semoga cepat normal yaa, hormon tiroidnya.

      Delete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. Halo mba meila.. saya juga mau cerita. Sampai saat ini saya sudah 4x tes darah utk pemriksaan tiroid. Namun semua hasil pemeriksaan darah tsb menunjukkan tiroid saya normal.Pdhl semua gejala yg saya rasakan mirip hipertiroid. Mulai dari jantung berdegup cepat, ngos-ngosan, nyeri lutut kaki & tangan. Selain pemeriksaan darah, tes apa lagi ya untuk memeriksakan tiroid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mbak. Penyakit lain ada juga yang punya gejala sama dengan hipertiroid, misalnya jantung, DM, dan yang lainnya. Coba mbak general check up aja. Kalau untuk tiroid, selain cek darah umumnya juga perlu scan / usg tiroid. Periksa ke ahli Endokrinologi aja mbak.

      Delete
    2. Thx atas tanggapannya mba meila..

      Mba, apa itu DM?
      Dulu saya jg pernah EKG namun hasilnya normal.
      Oia mba, apa sering merasakan lutut yg kayak gak punya tenaga? Gak kuat berdiri?
      Klo gak teraba benjolan trus gejala yg dirasa sebagian besar mirip gejala hipertiroid kira2 sakit apa ya?

      Delete
    3. DM ... Diabetes Melitus. Penyakit autoimun selain hipertiroid gejalanya ada yang sama juga. Kalau kaki, lutut sakit atau nyeri, memang salah satu efek dari penyakit autoimun termasuk hipertiroid. Kalau soal penyakit, lebih baik periksa ke dokter aja, saya hanya Grave's Disease fighter. Semoga cepat sembuh ...

      Delete
  74. Mbak meila, dulu berapa lama minum ptu+propanolol sampe gejala gejala mulai berkurang?
    Saya hipertiroid satu bulan minum tyrosol hasil lab sudah normal tetapi kok gejalanya masih belum bwrkurang ya, yang saya rasakan adalah lemas gemetar kelaparan tiap 3 jam harus makan, tubuh terasa panas, berkeringat terus di badan sama pusing kliyengan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 4 tahun lebih. Setelah 3 bulan pengobatan kadar tiroid sudah normal, badan juga sudah merasa fit tapi gejala masih ada datang pergi, sampai sekarang. Tergantung daya tahan tubuh juga sih, yang penting bisa mengukur diri sendiri, kapan aktif dan kapan kita mesti istirahat sejenak. Semoga Mbak atau Mas cepat pulih dan sehat yaakk.

      Delete
  75. Dear Mb Meila..
    Seneng dpt blog mb.. Krn sy jg penderita hypertiroid. .Hiks.. Hiks..
    Awalnya 10 hr nggak bs tdr berbaring, br berbaring 2 detik sdh gelagapan nafas terasa putus. Stlh 2 mggu sblmnya sering ngos2an, keringat dingin, bicara kamisosolen..
    Sempat di ICU 14 hr bln april 2016. Persis masa nifasku hari ke 21.Hampir setiap hr 2x kunjgn dokter pnykit dlm yg menemukan penyakitku ini memeriksa keadaanku, hmpir setiap 1 jam dokter menelpon suster ICU (aku dgr krn hnya berjarak kira2 6 meter persis di dpn tempat tdrku). Sedih bgt menerima kenyataan. Hypertiroid akut yg sdh memicu jantung koroner. Smpe skrg rasanya Cepet lelah, mls mikir, nggak konsen, trs kdg klo pas kumat dada rasanya sakiitt kyk dihantam benda brt. .Trs tb2 badan menghangat, kesemutan, trs hlg kesadaran bbrp saat. Di dpn lap top di kntr.. Cm duduk melongo nggak bs gerak sm sekali bbrp detik.. Mau ngs rasanya. Prnh jg mbak,tiba2 kyk ngglieng nggak sadar pas naik motor nabrak tkg sayur, penjual gorengan, dll. Jd klo pas naik mtr berusaha konsen. Setelah bc blog mb meila, rasanya kecewa pd diri sndri krn nggak prnh kontrol ke dokter sejak akhir 2016. Malas sll mendpt resep yg sm..thyrozol dan propanol.. Akhirnya smpe skrg nerusin resep tnpa kontrol ke dokter dan mnmnya jarang2..makanya sering kumat.. Bosen jd mls mnm obat.
    Tlsn mb meila menyadarkanku..Aku harus kontrolll!!! Entah apa alasanku ke dokter penyakit dlmku itu.. Krn sdh hmpir 2 th nggak kontrol, pdhl dokterku baiiik bgt.. Aku menyia-nyiakan kebaikan beliau slma merawatku..
    Thanks mb Meila.. Aku kudu semangat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah membaca artikel saya mbak Leonard ... maaf baru saya balas, selain fight dengan kondisi imun, saya juga jarang nge-Blogg ... he he he. Tetap sabar dan semangat yaa mbak ... semoga bisa terus beraktifitas dan berkarya.

      Delete
  76. Mbaaa, pengen tanya
    Selama mba kena hipertiroid ini sering Kram otot tiba-tiba ngak?
    Soalnya akhir-akhir ini saya sering bgt kram otot, kira-kira kenapa yaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah membaca artikel saya mas atau mbak unknown. Bukan selama ... sampai saat ini sering kram dan kedut otot. Kaki juga nyeri. Kata Dokter, Autoimun memang seperti itu, jadi ya dinikmati aja yaakk ... he he he.

      Delete
  77. Makasih sangat menolong kondisi saya saat ini. Saya terkena HT , apa yang saudari paparkan ciri2nya saya alami...terutama yang mengganggu intoleransi panas dan susah Tidur. Makasih

    Kalau boleh tau makanan dan suplemen apa yang cocok buat penderita hipertiroid ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suplemen dan makanan lebih baik konsul ke Dokter yang merawat aja ya soalnya daya tahan tubuh setiap penderita beda-beda. Makasih sudah membaca artikel saya.

      Delete
  78. Mba mau nanya untuk terapinya apa ya mbak ?

    ReplyDelete
  79. Mbak mau nanya mbak menggunakan terapi apa ya ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya terapi OAT ( Obat Anti Tiroid ) mbak Natalie. Makasih sudah mengunjungi blog saya.

      Delete
  80. Assalamu'alaikum mba, saya mau tanya, org yg kadar TSH dan Ft4 nya normal, tapi memiliki gejala klinis hipertiroid, apa sebenarnya dia hipertiroid juga mba?
    Soalnya saya terapi OAT selama hampir satu tahun walaupun saat itu kdar TSH dan ft4 saya normal, dan sudah berhenti sejak 4 bln yg lalu, namun saya merasakan gejala klinis lagi seperti saat saya disuruh terapi OAT

    ReplyDelete
  81. Mb meila apa smpek skrg sdh tdk mnm ptu lg ?

    ReplyDelete