Saturday 4 October 2014

EID DAY


Hari ini umat Islam di seluruh dunia berbondong-bondong untuk melaksanakan dua rakaat shalat sunah, yaitu shalat Ied. Meskipun di Indonesia ada perbedaan karena ada yang berkeyakinan untuk shalat Ied di hari minggu. Tapi saya dan keluarga saya lebaran hari ini, meskipun pelaksanaan qurbannya hari Minggu. Bukan apa-apa, karena tukang jagal dan tim-nya datangnya pada hari Minggu, waiting list gitu loh ...... he he he. 

Bagi umat Islam, Idul Adha dan Idul Fitri memiliki nilai historis yang begitu mendalam. Idul Adha atau yang sering kita kenal dengan Idul Qurban, mengingatkan kepada kita bagaimana proses perjuangan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim. Dimana nabi Ibrahim mendapatkan petunjuk dalam mimpinya untuk menyembelih putranya sendiri, yang bernama Ismail, putra yang ditunggu-tunggu selama bertahun-tahun. Disinilah nabi Ibrahim dituntut untuk memilih antara melaksanakan perintah Tuhan atau mempertahankan buah hati yang dicintainya. Sebuah pilihan yang cukup dilematis, namun karena ketakwaan dan kecintaannya kepada ALLAH, SWT melebihi segalanya, walau pada akhirnya nabi Ismail as digantikan dengan seekor hewan kurban atau yang lebih dikenal dengan kambing. Itu yang sering diceritakan mendiang nenek saya saat saya dan adik-adik saya masih kecil ..... dikorokin kupingnya .... LoL. 

Berbeda dengan Idul Fitri yang menjadi puncak dari kemenangan hanya dapat dirasakan oleh masing-masing individu yang menjalankan perintah sebelumnya yaitu berupa puasa di bulan Ramadan. Idul Adha yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah Haji menjadi momentum sejarah yang mengajak umat islam kepada pola kehidupan sosial dengan membangun kekuatan spiritualitas diri yang tinggi dan bentuk ketulusan dalam menjalankan perintah-perintah ALLAH, SWT. Qurban juga dijadikan kendaraan bagi seseorang menuju ke surga. Saat masih kecil dan belum paham betul, dalam pikiran saya waktu itu, terbang ke langit naik kambing. Bouraq aja kalah tuh .... he he he. Ada pemikiran seperti itu karena nenek saya seorang ahli tafsir, makanya pandai merangkai kata dan memberi penjelasan sesuai dengan kapasitas, yang mana untuk orang dewasa dan untuk anak-anak. 

Banyak cerita-cerita lucu dan sekaligus konyol saat saya masih kecil. Kalau di hari raya Idul Fitri anak-anak pada sibuk nyari duit, di hari raya Qurban pada berbondong-bondong datang ke halaman masjid, untuk melihat dan ngasih makan kambing. Bisa habis 100 halaman kalau semua kekonyolan itu diceritakan .... LoL.

Ibadah qurban adalah salah satu wujud dari rasa syukur, keikhlasan dan puncak ketakwaan. Sebagai tanda kembalinya manusia kepada ALLAH, SWT setelah menghadapi ujian. Qurban disyariatkan bagi manusia bahwa jalan menuju kebahagiaan memerlukan pengorbanan. Dan untuk mencapai ketakwaan bukan hanya pada hari raya saja tetapi juga dalam keseharian. 

Sebagai umat muslim kita dituntut tidak hanya melaksanakan ritual keagamaan semata atau hanya sekedar melaksanakan perintah ALLAH, SWT. Qurban juga sebagai wujud dari syiar dan memanifestasikan rasa solidaritas kita kepada sesama. Dengan cara membagi-bagikan daging qurban kepada kaum dhuafa di sekitar tempat tinggal kita. Artinya daging kurban tidak hanya dinikmati oleh saudara atau orang terdekat saja, tetapi benar-benar dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan.

Yang terpenting dalam hal ini adalah niat dan keikhlasan. Apapun perwujudan dari qurban, entah itu kambing, sapi ataupun onta, hanya ALLAH, SWT yang tahu kedalaman hati seorang manusia. Ada yang berqurban karena semata-mata hanya menjalankan tradisi sehingga syarat-syarat untuk berqurban diabaikan. Ada juga yang merasa " terpaksa " karena dia ingin agar orang lain tahu kalau mengeluarkan uang untuk berqurban.

Semoga Idul Adha kita kali ini menjadi semangat pengorbanan yang hakiki. Sebagai satu semangat yang melandasi hidup dan kehidupan kita menuju ridha Ilahi. Membuka hati nurani kita untuk menyadari realita akan kebesaran ALLAH, SWT. Dan yang sedang menjalankan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur .... Aamiin. 

EID MUBARAK ..... 


No comments:

Post a Comment